PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KREATIVITAS TERHADAP KINERJA GURU TK TK DI KABUPATEN ASAHAN
DOI:
https://doi.org/10.37755/jsap.v13i2.1453Keywords:
Kompetensi Pedagogik, Kinerja Guru TKAbstract
Tujuan dalam penelitian ini yaitu ULntulk melngeltahuli belsarnya pelngarulh kompetensi pedagogik dan krativitas selcara simulltan telrhadap Kinerja guru TK se Kabupaten Asahan. Penelitian ini dilakukan pada sekolah TK Di Kabupaten Asahan. Pelnellitian ini melggulnakan pelndelkatan kulantitatif. Data telrselbult kelmuldian dianalisis delngan meltodel analisis statistik korellasi. Data yang dikulmpullkan mellipulti dula variabell belbas yakni kompetensi pedagogik (X1) selrta satul variabell telrikat yaitul kinerja guru TK (Y). Popullasi pelnellitian ini adalah sellulrulh gulrul TK Di Kabupaten Asahan, yang belrjulmlah 139 orang guru. Kalrenal jumlalh populalsi lebih besar dalri 10l0l malkal sampel diambil 10% dari populasi yaitu 40 guru TK. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu kuesiuner. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji T karena hanya memiliki satu variabel bebas. Berdasarkan hasil dari penelitian ini mengenai pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap kinerja guru di TK se kabupaten Asahan, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Hasil dari penelitian menunjukan bahwa ada variabel bebas yaitu kompetensi pedagogik guru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru di TK se kabupaten Asahan. Hasil ini bisa dibuktikan dengan hasil hipotesis yang dilakukan, dan dikatakan kompetensi pedagogik ini berpengaruh terhadap kinerja guru dilihat dari hasil uji regresi yang mengatakan bahwa ada pengaruh sebesar 68,6% antara kompetensi pedagogik guru terhadap kinerja guru, untuk 31,4% lainnya bisa dipengaruhi faktor lain diluar dari penelitian ini seperti intensif/gaji, lingkungan fisik, ketersediaan sarana prasarana, dan kurangnya pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kompetensiReferences
Azwardi, Usiono, & Widiastuty, R. (2021). Evaluasi Peningkatan Mutu Sekolah Melalui Pengembangan Profesionalisme Guru. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 2(3), 55–65. https://doi.org/10.51178/cjerss.v2i3.227
Bardan, F. (2024). Penetapan Asal Usul Anak Sebagai Alternatif Meningkatkan Kota Layak Anak (KLA) Studi di Kabupaten Bireuen. Jurnal Al-Mizan: Jurnal Hukum Islam Dan Ekonomi Syariah, 11(1), 84–108.
Febriani, A. (2024). Penggunaan Aplikasi Wordwall terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di SDN. Seminar Nasional Dan Publikasi Ilmiah 2024 FIP UMJ, 2(1), 721–729.
Latifah, Z., Anwar, K., & Yuliansyah, M. (2023). Manajemen Penilaian Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Mutu Sekolah Di Tk Azzahra Dan Uptd Tk Negeri Pembina Bajuin. Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi, 3(2), 1–12. https://doi.org/10.31602/jmpd.v3i2.11504
Lestari, R. M. (2023). Tinjauan Yuridis Terhadap Pemenuhan Hak Anak Untuk Tumbuh Kembang Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). Jika, 7(2), 28–33.
Mea, F. (2024). Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Melalui Kreativitas Dan Inovasi Guru Dalam Menciptakan Kelas Yang Dinamis. Inculco Journal of Christian Education, 4(3), 252–275.
Nurachadijat, K., & Selvia, M. (2023). Peran Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini dalam Implementasi Kurikulum dan Metode Belajar pada Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 3(2), 57–66. https://doi.org/10.54371/jiepp.v3i2.284
Ruswati, T., Murniati, N. A. N., & Miyono, N. (2022). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru PAUD. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 5(1), 34–43. https://doi.org/10.24176/jpp.v5i1.7985
Saputra, A. (2024). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Ma Ma ’ Arif 9 Kota Gajah Purworejo Kecamatan Kota Gajah. Unisan Jurnal: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan, 03(01), 188–201.
Zahrina, N., Wahyuni, N. S., Siregar, D. K., & Pane, A. I. S. (2021). Upaya Kepala Sekolah Dalam Peningkatkan Kinerja Guru Dan Partisipasi Orangtua Terhadap Pelaksanaan Aktivitas Pembelajaran Anak Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Tk Swasta Tunas Bangsa Medan Timur. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 92–109. https://doi.org/10.47006/pendalas.v1i1.65







