PERSPEKTIF PROGRESIVISME TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SD DI KECAMATAN SUNGGAL
DOI:
https://doi.org/10.37755/jsap.v13i2.1454Keywords:
Persfektif Progresivisme, Motivasi Belajar SiswaAbstract
Penelitian ini mengeksplorasi perspektif progresivisme terhadap motivasi belajar siswa SD di Kecamatan Sunggal. Hasil penelitian menunjukkan hasil yang positif antara penerapan prinsip-prinsip progresivisme dalam pembelajaran (seperti pembelajaran aktif, kolaboratif, dan berpusat pada siswa) dan motivasi belajar siswa. Ditemukan bahwa siswa yang terlibat dalam pembelajaran berbasis proyek menunjukkan motivasi intrinsik yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Penelitian ini menunjukkan penerapan prinsip-prinsip progresivisme memiliki potensi signifikan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SD di Kecamatan Sunggal. Namun, perlu kajian lebih lanjut untuk mengidentifikasi faktor-faktor lain yang mempengaruhi motivasi belajar dan strategi implementasi progresivisme yang lebih efektif. Temuan ini mengimplikasikan perlunya guru SD di Kecamatan Sunggal untuk lebih mempertimbangkan dan mengimplementasikan prinsip-prinsip progresivisme dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Peneliti merekomendasi pengembangan program pelatihan guru yang berfokus pada penerapan strategi pembelajaran progresif yang efektif dan evaluasi dampak jangka panjang dari penerapan pendekatan ini terhadap prestasi belajar siswa. Penerapan prinsip-prinsip progresivisme berpotensi meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengembangkan model pembelajaran progresif yang lebih kontekstual dan mengukur dampaknya secara komprehensif.References
Awing, A.C., The Fundamental Questions of Philosophy, London: Routledge and Kegan Paul, 1951.
Burhanuddin Salam, Pengantar Filsafat, Jakarta: Bumi Aksara,cet. iii, 1995.
Butler, J. Donald, Four Philosophies and Their Practice in Educationand Religion, New York: Horper and Brothers, 1951.
Dimyati dan Mudjiono, Belajar Dan Pembelajaran, (Jakarta: Rineka Cipta, 2009)
Donni Juni Priansa, Manajemen Peserta Didik Dan Model Pembelajaran, (Bandung: Alfabeta, 2015)
Harun Hadiwijono, Sari Sejarah Filsafat Barat II, Yogyakarta:Kanisius, 1980.Agus Marsidi, H. (2008). Pendidik dan Filsafat Pendidikan. http://elearn.bpplsp reg5.go.id/cetak.php?id=22 diakses 9 Januari 2009.
Jalius Jama. (2007). Bahan Kajian Perkuliahan Filsafat Ilmu. Padang:Universitas Negeri Padang.
John Dewey. (1944). Democracy And Education. The Free Press.
London.
Jujun Suriasumantri. S., (1990), Filsafat Ilmu (Sebuah Pengantar Populer). Penerbit Sinar Harapan. Jakarta.
Uyoh Sadulloh. (2010). Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Jalaluddin dan Abdullah Idi.tt. Filsafat Pendidikan. Jakarta: Gaya Media Pratama. Jujun S. Suriasumantri, Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta, 1996.
Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group
Downloads
Published
Versions
- 2025-01-28 (2)
- 2024-10-31 (1)