PENGARUH KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH DAN TENAGA PENDIDIK UNTUK MENCAPAI TUJUAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF PADA PAUD SE KECAMATAN KOTA KISARAN TIMUR

Authors

  • megawati tamba UNIVERSITAS PEMBINAAN MASYARAKAT INDONESIA M E D A N
  • Marihot Manullang
  • Ali Mukti Tanjung

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsap.v14i1.1715

Keywords:

Kompetensi Pedagogik, Kinerja Guru TK

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu ULntulk melngeltahuli belsarnya pelngarulh kompetensi pedagogik dan krativitas selcara simulltan telrhadap Kinerja guru TK se Kabupaten Asahan. Penelitian ini dilakukan pada sekolah TK Di Kabupaten Asahan. Pelnellitian ini melggulnakan pelndelkatan kulantitatif. Data telrselbult kelmuldian dianalisis delngan meltodel analisis statistik korellasi. Data yang dikulmpullkan mellipulti dula variabell belbas yakni kompetensi pedagogik (X1) selrta satul variabell telrikat yaitul kinerja guru TK (Y). Popullasi pelnellitian ini adalah sellulrulh gulrul TK Di Kabupaten Asahan, yang belrjulmlah 139 orang guru. Kalrenal jumlalh populalsi lebih besar dalri 10l0l malkal sampel diambil 10% dari populasi yaitu 40 guru TK. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu kuesiuner. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji T karena hanya memiliki satu variabel bebas. Berdasarkan hasil dari penelitian ini mengenai pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap kinerja guru di TK se kabupaten Asahan, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Hasil dari penelitian menunjukan bahwa ada variabel bebas yaitu kompetensi pedagogik guru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru di TK se kabupaten Asahan. Hasil ini bisa dibuktikan dengan hasil hipotesis yang dilakukan, dan dikatakan kompetensi pedagogik ini berpengaruh terhadap kinerja guru dilihat dari hasil uji regresi yang mengatakan bahwa ada pengaruh sebesar 68,6% antara kompetensi pedagogik guru terhadap kinerja guru, untuk 31,4% lainnya bisa dipengaruhi faktor lain diluar dari penelitian ini seperti intensif/gaji, lingkungan fisik, ketersediaan sarana prasarana, dan kurangnya pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kompetensi.

References

Agustin, A., & Purwanto, M. B. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMA. LIMEEMAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 55–64.

Aguswara, W. W., & Rachmadtullah, R. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi Dengan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 369–387.

Hartati, S., & Yuliejantiningsih, Y. (2021). Pengaruh Kompetensi Kepala Sekolah Dan Supervisi Pengawas Terhadap Kinerja Sekolah Pada Kelompok Bermain Dan Taman Kanak-Kanak Di Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 10(1), 184–202. https://doi.org/10.26877/jmp.v10i1.9433

Junaedi, nuraeni, & halimah. (2019). Pengaruh kompetensi dan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru ra pc Weru Kabupaten Cirebon. Eduprof : Islamic Education Journal, 1(2), 234–251. https://doi.org/

Kartika, N. K., & Ambara, D. P. (2021). Kompetensi Kepribadian dan Motivasi Mengajar Berpengaruh Terhadap Kinerja Guru PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 381–390. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.39952

Khusnawati, A., Kusumaningsih, W., & Miyono, N. (2024). Pengaruh Kompetensi Kepala Sekolah dan Peran Serta Masyarakat terhadap Mutu Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 5(2), 805–812. https://doi.org/10.51874/jips.v5i2.296

Maesaroh, S., Yuliaty, F., & Mulyanti, D. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru terhadap Kinerja Guru melalui Motivasi Guru. Journal on Education, 06(04), 18297–18305. https://doi.org/10.59141/japendi.v1i02.3

Musrinih. (2023). Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan Di Eks Kewedanaan Indramayu Pada Masa Pandemi Covid-19. Edum Journal, 6(2), 132–146. https://doi.org/10.31943/edumjournal.v6i2.142

Nafiqoh, H. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Anak usia Dini. Jurnal Tunas Siliwangi, 3(1), 57–75.

Nuzulaeni, I., & Susanto, R. (2022). Dampak Kompetensi Pedagogik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 20–26. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.42481

Samsuriadi, S. (2019). Pengaruh Kompetensi Guru, Kepemimpinan Kepala Sekolah, dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru IPS SD Negeri Kabupaten Pangkep. Universitas Negeri Makassar, 1–16. http://eprints.unm.ac.id/10114/%0Ahttp://eprints.unm.ac.id/10114/1/Artikel SARI.pdf

Setyaningsih, D., Egar, N., & Juliejantiningsih, Y. (2024). Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, Motivasi Kerja dan Iklim Organisasi Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru SMP Negeri Sekecamatan Wonosobo Kabupaten Wonosobo. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 5(1), 011–022. https://doi.org/10.51874/jips.v5i1.178

Tsauri, S. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Motivasi Kerja Guru Madrasah Tsanawiyah Di Kecamatan Sawangan Kota Depok Jawa Barat. Andragogi, 4(1), 64–72.

Zulfahmi, Marantika, A., & Zulher. (2022). Pengaruh Kompetensi Dan Pelatihan Terhadap Tingkat Kelulusan Sertifikasi Guru Dan Dampaknya Pada Kinerja Guru Pada SMA Negeri Di Bangkinang Kota. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 854–872. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.655

Downloads

Published

2025-08-06