PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS IX SMP NEGERI 3 BINJAI TAHUN PELAJARAN 2017-2018
DOI:
https://doi.org/10.37755/jsap.v8i2.180Abstract
Keterampilan komunikasi interpersonal pada siswa ini menjadi sangat penting karena dalam bergaul dengan teman sebayanya, siswa seringkali dihadapkan dengan hal-hal yang membuatnya harus mampu menyatakan pendapat pribadinya tanpa disertai emosi, marah atau sikap kasar, bahkan siswa harus bisa mencoba menetralisasi keadaan apabila terjadi suatu konflik. Layanan bimbingan kelompok diperkirakan sangat tepat digunakan sebagai salah satu bentuk layanan bimbingan dan konseling untuk diberikan kepada siswa yang memiliki prilaku komunikasi interpersonal yang masih rendah, baik di rumah, sekolah maupun lingkungan masyarakat. Selain itu kelima aspek efektifitas prilaku komunikasi interpersonal yang meliputi keterbukaan, rasa positif, empati, dukungan, dan kesetaraan. Terdapat dalam kegiatan layanan bimbingan kelompok, bukan pada layanan bimbingan konseling lainnya. Sehingga diharapkan secara optimal siswa dapat mengalami perubahan dan mencapai peningkatan yang positif setelah mengikuti kegiatan bimbingan kelompok. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tes komunikasi interpersonal diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 61,8 dan untuk tes bimbingan kelompok diperoleh nilai rata-rata sebesar 78,18.untuk standar deviasi variabel x diperoleh nilai 8,5 dan untuk standar deviasi variabel y diperoleh nilai 7,5 menyatakan bahwa data yang diteliti bersifat normal dan perolehan data untuk homogenitas data menunjukkan bahwa data yang diteliti bersifat homogen. Untuk hasil rhitung = 0,35 dengan menggunakan taraf 5% maka diperoleh nilai rtabel = 0,30 dengan sampel 40 orang siswa. Kriteria pengujian adalah jika rhitung > rtabel maka hipotesis diterima, berdasarkan kriteria tersebut, 0,35 > 0,30 sehingga ada pengaruh bimbingan kelompok terhadap komunikasi interpersonal siswa kelas IX SMP Negeri 3 Binjai tahun pelajaran 2017/2018.References
Pendekatan Praktek Jakarta : Rineka Cipta.2006
Gadza, Materi Pendididikan dan Latihan Profesi Guru Jakarta : PLPG.2010
Hidayah Rifa Bimbingan Konseling Islami. Jakarta : Bumi Aksara.2009. http://warnaa-warnii.blogspot.com/2013/01/pengertian-tujuan-bimbingan.html
http:// jurnal-sdm.blogspot.com/2010/01/komunikasi interpersonal-defenisi.html
Jalaluddin Rakhmat , Psikologi Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya. 2005
Lubis Lahmuddin. Landasan Formal Bimbingan Konseling di Indonesia. Bandung : Citapustaka Media Perintis.2011
M Bakar Abu. Luddin, dasar-dasar konseling tinjauan teori dan praktik Bandung : Citapustaka Media Perintis.2010
Riduan. Belajar Muda Penelitian. Bandung : Alpabet, 2010
Sugiyo, Komunikasi Antar pribadi, Semarang : UNNES Press, 2005
Sudjana, Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta,2002
Undang-undang, Sistem Pendidikan. Jakarta : Sandrojaya 2010
Prayitno, Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta : Rineka Cipta. 2007
Wiryanto, Program Ilmu Komunikasi, Jakarta : Grasindo, 2005
Wibowo, Mungin Edi, Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang : UNNES Press.2005
Warsito Herman. Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta:PT Gramedia,2009