EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KIRKPATRICK

Rabukit Damanik

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) makin tinggi penguasaan kompetensi pedagogik guru maka makin tinggi pula tingkat penguasaan reaksi siswa, belajar siswa, perilaku siswa, dan hasilnya; (2) makin tinggi penguasaan kompetensi profesional guru maka makin tinggi pula tingkat penguasaan reaksi siswa, belajar siswa, perilaku siswa, dan hasilnya. (3) makin tinggi penguasaan kompetensi pedagogik guru  dan professional guru secara bersama-sama maka makin tinggi pula tingkat penguasaan reaksi siswa, belajar siswa, perilaku siswa, dan hasilnya. Metode penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan desain penelitian expost facto.  Tujuan penelitian evaluasi adalah untuk mengukur efek program, yang dimaksudkan untuk memperbaiki program atau mengembangkan program yang akan datang, sebagai pranata untuk membuat keputusan yang akan datang tentang program tersebut. Populasi penelitian ini adalah guru dan siswa SMA Sub Rayon 3 Kota Medan, sebanyak 258 orang siswa dan 14 orang guru pada mata pelajaran matematika. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data ialah kuesioner skala Likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) makin tinggi penguasaan kompetensi pedagogic guru maka makin tinggi pula tingkat penguasaan reaksi siswa, belajar siswa, perilaku siswa, dan hasilnya; (2) bila ubahan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional dikendalikan maka tingkat penguasaan reaksi dan perilaku yang signifikan sedangkan belajar dan hasil tidak signifikan; dan (3) ubahan kanonis bebas (kompetensi pedagogic dan kompetensi professional berpengaruh terhadap reaksi (dengan muatan kanonis 0,99), terhadap belajar (dengan muatan kanonis 0,09), terhadap perilaku (dengan muatan kanonis 0,59), dan terhadap hasil (dengan muatan kanonis 0,19).


Full Text:

PDF

References


Anonimus. 2003. Panduan Umum Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah. Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Anonimus. 2006. Panduan Penilaian Kinerja Sekolah Dasar. Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. Direktorat Pembinaan Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar. Jakarta.

Arcaro, Jerome S.2007. Pendidikan Berbasis Mutu. Prinsip - prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Danim Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia.

.............................. 2002. Konsep dan Teori Manajemen Berbsis Sekolah. Bengkulu: Proyek Peningkatan Penelitian Dikti, Ditjen Dikti.

Depdiknas. 2000. Panduan Manajemen Sekolah. Jakarta: Proyek Peningkatan Mutu SLTP. Direktorat PLP.

------------ 2002. Keputusan MenteriPendidikan Nasional Nomor: 044/U/2002 tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah. Jakarta: Eka Jaya.

------------- 2002. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Proyek Peningkatan Mutu SLTP, Direktorat PLP.

…………. 2003. Petunjuk Pelaksanaan Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Eka Jaya.

………… 2005. Manjemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Direktorat PLP.

………… 2006. Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jakarta: Dharma Bhakti.

............... 2007. Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Jakarta: Direktorat Pembinaan SMP.

Fattah Nanang. 2000. Manajemen Berbasis Sekolah, Strategi Pemberdayaan olah Sekolah dalam rangka Peningkatan Mutu dan Kemandirian . Bandung Andira.

Hatton and D. Smith. 1992. Perspective on Efective Schools. Sidney: Allen & Unwin Pty Ltd.

Manullang, Belferik. 2001. Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), (Makalah), Disampaikan pada Seminar Sehari Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kecamatan Lubuk Pakam, di Lubuk Pakam, tanggal 29 Maret 2001.

Moedjiarto. 2002. Karakteristik Sekolah Unggul, Metodologi untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan, Jakarta: Duta Graha Pustaka.

Mulyasa, E. 2004. Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurkholis. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah, Jakarta: Grasindo.

Sagala, S. 2007. Manajemen Strategik Dalam PeningkatanMutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

................ 2004. Manajemen Berbasis Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Nimas Multima.

Slamet. 2005. Manajemen Berbasis Sekolah, (Makalah), Dipresentasikan Pada Workshop Sekolah Standar Nasional, tanggal 18-21 Oktober 2005, di LPMP Jakarta.

Soemantrie, Hermana. 2004. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang.




DOI: https://doi.org/10.37755/jsap.v8i2.187

Refbacks