HUBUNGAN KEPEMIMPINAN DENGAN MUTU PEMBELAJARAN

Rabukit Damanik

Abstract


Peningkatan mutu pendidikan nasional telah dilakukan dengan perbaikan kurikulum, peningkatan mutu guru, penyediaan sarana prasarana, perbaikan kesejahteraan guru, perbaikan manajemen, pengawasan dan perundang-undangan. Guru yang profesional dan handal akan mengetahui manajemen kelas dengan baik guna mengelola  proses pembelajaran  yang pada akhirnya akan meningkatkan mutu pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui hubungan kepemimpinan dengan mutu pembelajaran; Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif  korelasi. Sampel adalah guru SMA Rayon 3 Medan  yang berjumlah 67 orang. Hasil Penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara kepemimpinan dengan mutu pembelajaran. Koefisien Korelasi yang diperoleh adalah 0,604 dengan level signifikansi alpha sebesar 0,05.


Full Text:

PDF

References


Amstrong, Michael. 1981. A Hand Book of Human Resources management. Jakarta : Gramedia.

Arcaro, Jerome.S. 2005. Pendidikan Berbasis Mutu: Prinsip-Prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Terjemahan Yosal Iriantara. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Offset.

Arikunto, Suharsimi. 2004. Evaluasi Program Pendidikan. Pedoman Teoritis Praktis Bagi Praktisi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi., Suhardjono, Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Devi, Poppy Kamalia,dkk. 2009. Modul BERMUTU (Better Education through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading). P4TK : Bandung.

Hersey, Paul & Blanchard, H Kenneth. 1988. Management of Organizational Behaviour. New Jersey : Englewood Cliffs.

Daniel,Goleman., Boyatzis, McKee. 2007. Kepemimpinan Berdasarkan Kecerdasan Emosi. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Danil, Muhammad. 2008. Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah Terhadap Kompetensi Guru MTs.N di Kabupaten Tanah Datar. Tesis : UNP Padang.

Danim, Sudarwan. 2003. Menjadi Komunitas Pembelajar. Kepemimpinan Transformasional dalam Komunitas Organisasi Pembelajar. Jakarta : Bumi Aksara.

________________. 2007. Visi Baru Manajemen Sekolah. Jakarta : Bumi Aksara.

Esti, Wuryani. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Grasindo

Grint, Keith. 1997. Leadership: Classical, Contemporary, and Critical Approach. New York : Oxford University.

Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Handayaningrat, Soewarno.1996. Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. Jakarta : Gunung Agung.

Hayat, Bahrul & Yusuf, Suhendra. 2009. Banchmarking Internasional Mutu Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Isaac, Stephen & Michael, William. 1982. Handbook in Research and Evaluation. California : Edits publishers

Kamars, Dachnel. 2005. Administrasi Pendidikan Teori dan Praktek. Padang : Universitas Putra Indonesia Press.

Kartono, Kartini. 1980. Pemimpin Dan kepemimpinan. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Kast, Remont E. 1990. Organisasi Dan Manajemen. Jakarta : Bumi Aksara

Le Clear. 2005. Relationship Among Leadership Style, School Culture, and Student Achievement. A Dissertation Presented to The Graduate School of The University of Florida In Partial Fulfillment of The Requirements For The Degree of Doctor of Education, University of Florida. http://etd.fcla.edu/UF/UFE0013022/leclear.

Locke, E.A. 1997. Esensi Kepemimpinan. Terjemahan Aris Ananday. Jakarta : Spektum

Luffi, Mampa. 2010. Hubungan Antara Manajemen Kelas Dan Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling Dengan Mutu pembelajaran di SMPN se Kec. Medan Barat. Tesis : PPs Unimed.

Monday, R.W. and Premeaux, SH. 1995. Management : Concepts Practice and Skill. New Jersey : Prentice Hall Inc. Englewood Cliffs.

Mulyasa, E. 2007. Menjadi Kepala Sekolah yang Profesional. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Nawawi, Hadari. 2000. Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas. Jakarta : Gunung Agung

Oteng, Sutisna. 1983. Administrasi Pendidikan Dasar Teoritis Untuk Praktek Profesional. Bandung : Angkasa.

Pasolong, Harbani. 2008. Kepemimpinan Birokrasi. Bandung : Alfabeta.

Pidatta, Made. 1997. Pengelolaan Kelas. Surabaya : Usaha nasional.

Ramly, Nadjamuddin. 2005. Membangun Pendidikan yang memberdayakan dan Mencerahkan. Jakarta : Grafindo.

Reeser. 1973. Management Function And Modern Concepts. Illionis : Scoot Foresman and Company

Sagala, Syaiful. 2006. Administrasi pendidikan Kontemporer. Bandung : Alfabeta

____________ 2009. Manajemen Strategik Dalam Peningkatan Mutu pendidikan. Bandung : Alfabeta.

____________ 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung : Alfabeta

____________ 2010. Supervisi Pembelajaran. Bandung : Alfabeta

Sallis, Edward. 2006. Total Quality Management In Education. Terjemahan Ahmad Ali Riyadi. Jogjakarta : IRCiSoD.

Santoso, Singgih. 2005. Buku Latihan SPSS Statistik Multivariat. Jakarta : Gramedia.

Shaleh, Abdul R. 2005. Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Sukmadinata. 2006. Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah. Bandung: Refika Aditama

Sudjana, Nana. 1986. Metode Statistika. Bandung : Tarsita

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Somantri, A dan Muhidin, S.A. 2006. Aplikasi Statistik Dalam Penelitian, Bandung: Pustaka Sari.

Sugiono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sumayang, Lalu. 2003. Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta : Salemba Empat.

Surapranata, Sumarna. 2005. Analisis, Validitas, Reliabilitas, dan Interpretasi Hasil Tes. Bandung : Remaja Rosdakarya

Sutopo. 1999. Administrasi, Manajemen dan Organisasi. Jakarta : LAN-RI

Suyitno, Amin. 2004. Pemilihan Model-Model Pembelajaran dan Penerapannya di Sekolah. Semarang : FMIPA UNNES.

Sopiatin, Popi. 2010. Manajemen Belajar Berbasis kepuasan Siswa. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Syafaruddin. 2005. Manajemen Mutu Pembelajaran. Ciputat : Quantum Teaching.

Terry, George R. 1973. The Principles of Management. Illionis.

Thoha, Miftah. 1986. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta : Rineka Cipta

___________ 1989. Perilaku Organisasi. Jakarta : Persada Cipta.

Tim Penyusun KBBI. 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Toenlioe, A.J. 1992. Teori dan Praktek Pengelolaan Kelas. Bandung : Usaha Nasional.

Usman, H & Akbar, P.S. 2008. Pengantar Statistik. Jakarta : Bumi Aksara.

Wang, F.J., Shieh, C.J. and Tang,M.L. 2010. Effect of Leadership Style on Organizational Performace as Viewed from Human Resource Management Strategy. African Journal of Business Management. Vol 4(18), pp.3924-3936, 18 December 2010. ISSN 1993-8233@2010 Academic Journals. http://academicjournals.org/ajbm/PDF/pdf2010/18Dec/Wang_e_al_2.

Winardi. 1990. Asas-asas manajemen. Bandung : Mandar maju.

_______ 2005. Manajemen Perilaku Organisasi. Jakarta : kencana.

Wiyono, Bambang Budi. 2000. Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Semangat Kerja Guru dalam Melaksanakan Tugas jabatan di Sekolah Dasar. Tesis : Universitas Negeri Malang.

Wong, Harry. 2000. Effective Classroom Management. San Diego : Carreva

Wragg, E.C. 1996. Pengelolaan Kelas. Terjemahan Anwar Jasin. Jakarta : Grasindo

Zamroni. 2007. Meningkatkan Mutu Sekolah. Jakarta : PSAP Muhammadiyah.




DOI: https://doi.org/10.37755/jsap.v8i1.204

Refbacks