IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK DALAM PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.37755/jsap.v9i1.249Abstract
Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui teori belajar Behavioristik dalam pembelajaran, Teori belajar behaviorisme berorientasi pada “hasil yang dapat diukur, diamati, dianalisis, dan diuji secara obyektifâ€. Pengulangan dan pelatihan digunakan supaya perilaku yang diinginkan dapat menjadi kebiasaan. Hasil yang diharapkan dari penerapan teori behaviorisme adalah terbentuknya suatu perilaku yang diinginkan. Perilaku yang diinginkan mendapat penguatan positif dan perilaku yang kurang sesuai mendapat penghargaan negatif. Evaluasi atau penilaian didasarkan pada perilaku yang tampak dalam pembelajaran peserta didikReferences
Bungin, B. (2008). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.
Faryadi, Q. (2007). Behaviorism and the Construction of Knowledge. Diakses di https://eric.ed.gov/?q=behaviorist+learning&ft=on&id=ED495301.
Husamah, Pantiwati, Restian, and Sumarsono. (2018). Belajar & Pembelajaran. Malang: UMM Press.
Irham, W. (2015). Psikologi Pendidikan Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Jogjakarta; Arr-Ruzz Media.
Kim, J. (1992). Three Approaches For The Integration Of Teaching, Testing, and Learning. Diakses di https://eric.ed.gov/?q=behaviorist+learning&ft=on&pg=4&id=ED354250.
Rahyubi, H. (2012). Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik: Deskripsi dan Tinjauan Kritis. Bandung: Nusa Media.
Sanyata, S. (2012). Teori dan Aplikasi Pendekatan Behavioristik dalam Konseling. Jurnal Paradigma. 14 Th. VII, Juli 2012.
Soesilo, T. D. (2015). Teori dan Pendekatan Belajar Aplikasinya dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono., H. (2011). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya







