MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGEFEKTIFKAN PEMBELAJARAAN MELALUI PROGRAM PEMBINAAN PROFESSIONAL GURU OLEH KEPALA SEKOLAH DI SMA TAMAN SISWA BINJAI
DOI:
https://doi.org/10.37755/jsap.v9i2.328Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan kemampuan guru dalam menfektifkan pembelajaran melalui program pembinaan professional guru oleh kepala sekolah. Penelitian ini dilakukan di SMA Taman Siswa Binjai. Metode penelitian yang saya gunakan ialah metode kualitatif karena didalam penelitian ini banyak melibatkan wawancara terhadap kepala sekolah. Alat pengumpulan data yang saya gunakan ialah wawancara,angket,dan observasi. Adapun narasumber penelitian ialah kepala sekolah dan guru yang berada didalam sekolah SMA Taman Siswa Binjai. Untuk mengetahui kemampuan guru dalam pembinaan proses belajar mengajar siswa- siswi di sekolah. Kepala sekolah mempunyai tanggung jawab yang sangat besar untuk membantu permasalahan yang ada di SMA Taman Siswa binjai.References
Atmosudirjo, Prajudi, 1982. Administrasi dan Manajemen Umum. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1991. Model Penampilan Sekolah, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta.
Hamidah. 2019. Optimalisasi Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan Vol 8, No. 1, Februari 2019 e-ISSN 2620-9209
Eriyani. 2017. Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Mengefektifkan Pembelajaran Melalui Supervisi Kelas, Mapen, Jurnal Manajer Pendidikan, Vol. 11 (1), hlm. 75-81
Kadarwati, Ani, 2016. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Dengan Teknik Kunjungan Kelas. Gulawentah Jurnal Studi Sosial. Vol. 1 (2), hlm.103-120
Kamars, Dachnel. 2005. Administrasi Pendidikan Teori dan Praktek, Edisi Kedua, Padang: Universitas Putra Indonesia Press
Sahertian, Piet. A. 1994. Profil Pendidik Profesional. Yogyakarta: Andi Offset
Siagian, Sondang P. 1985. Analisis Serta Perumusan kebijaksanaan dan Strategi Organisasi, Jakarta: Gunung Agung.
Simon, A. Herbert, 1970. Administrasi Behavior, Perilaku Administrasi : Suatu Studi tentang Proses Pengambilan Keputusan dalam Organisasi Administrasi, Edisi Ketiga, Cetakan
Keempat, Alih Bahasa ST. Dianjung, Jakarta: Bumi Aksara
Soetopo, Hendyat, dan Wasty Soemanto, 1982. Kepemimpinan dan Supervisi, Jakarta: Bumi Aksara,
T., Ninik Sriwahyuni, 2019. Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Proses Pembelajaran Berkualitas Melalui Supervisi Akademik Dengan Teknik Kunjungan Kelas Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 7 (1). Hlm.51-57.
Tabi’in. 2017. Supervisi Akademik dalam Meningkatan Profesionalisme Guru PAI Madrasah di KKMI Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara. Tesis Program Magister Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta







