UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SIMULASI DIGITAL SISWA KELAS X TKJ DI SMK SWASTA HARAPAN BANDAR PULO KECAMATAN BATANG SERANGAN KABUPATEN LANGKAT

Authors

  • Rantika Pratiwi STKIP Budidaya
  • M. Dian Wahyudi
  • Syahran Yusuf

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsap.v9i2.329

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Simulasi Digital dengan menggunakan pendekatan metode simulasi pada siswa kelas X TKJ SMK Swasta Harapan Bandar Pulo Kecamatan Batang Serangan. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas (classroom action research) menggunakan metode simulasi digital. Penelitian yang dilakukan ini terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus meliputi perencanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas X TKJ yang berjumlah 27 siswa. Objek dalam penelitian ini merupakan upaya meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran simulasi digital khususnya pada pokok bahasan branding dan presentasi video pada simulasi digital. Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase motivasi belajar siswa pada siklus I dan siklus II dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode simulasi digital siswa kelas X TKJ SMK Swasta Harapan Bandar Pulo Kecamatan Batang Serangan Kabupaten Langkat. Hal ini ditunjukan dari “Meningkatkan motivasi belajar siswa dengan nilai rata-rata siklus I sebesar 40,48%: siklus II Sebesar 45,48%, jadi motivasi belajar siswa dalam siklus I dan siklus II sebesar 85,96%.

References

Aqib, Zainal, (2009); Penelitian Tindakan Kelas, Bandun: CV, Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi, (2012); Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta; PT Bumi Aksara.

Hamzah, Uno B, (2010); Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Lutfiyani, Gesti, (2016); Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penggunaan,Edia Puzzle Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Kelas III Sekolah Dasar Negeri Kepek Kulon Progo; Skripsi; Universiitas Negeri Yogyakarta.

Sanjaya, Wina, (2018); Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana PrenadaMedia Group.

Sardiman, AM, (2017); Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sugiyono, (2017); Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitataif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sumiati, Dra, (2018); Metode Pembelajaran, Bandung: CV Wacana Prima.

Wahyudi, M. Dian. 2015. Hubungan Persepsi Guru Tentang Perilaku Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dan Iklim Komunikasi Dengan Kinerja Guru SD Negeri Di Kecamatan Binjai Timur Kota Binjai. Jurnal Pendidikan dan Kepengawasan, Vol 2 No. 1, April 2015. Jurnal Pendidikan dan Kepengawasan, Vol 2 No. 1.

Widodo, Rahman, (2011); Peningkatan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Metode Simulasi Pada Mata Pelajaran Elektronika Digital Di SMK Negeri Mondokon; Skripsi: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yokyakarta.

Downloads

Published

2021-02-15