PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MEMILIH MODEL PEMBELAJARAN MELALUI WORKSHOP DI SMA NEGERI 1 SUNGGAL KABUPATEN DELI SERDANG

Authors

  • Yetti S STKIP Budidaya

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsap.v10i1.376

Abstract

Tujuan penelitian untuk memberikan kemampuan kepada guru PNS di SMA Negeri 1 Sunggal dalam memilih model pembelajaran dengan benar. Sampel dalam penelitian ini adalah guru PNS di SMA Negeri 1 Sunggal dengan jumlah 47 guru. Teknik pengambilan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang dilakukan dalam dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan: pada Siklus I, jumlah guru yang dapat memilih model pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran sebanyak 26 orang dan yang belum tepat 21 dari 47 guru SMA Negeri 1 Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Pada Siklus II, jumlah guru yang dapat memilih model pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran sebanyak 42 orang dan yang belum tepat 5 dari 47 guru SMA Negeri 1 Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Peningkatan jumlah guru yang tepat memilih model pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran sebanyak 16 orang. Dengan demikian pada akhir Siklus II sudah sebanyak 89,36% guru sudah tepat memilih model pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran dengan benar. Dapat dikatakan kemampuan guru dalam memilih model pembelajaran yang sesuai materi pelajaran termasuk berhasil dengan sangat baik, melalui pengadaan workshop di sekolah.

References

Badudu, J.S. 1992. Cakrawala Bahasa Indonesia II. Jakarta: Gramedia

Dahana OP. dan Bhatnagar, O.P. 1980. Education and Comunication for. Development. Oxford, IBH Publising CO: New Delhi.

Danim, Sudarwan. 2012. Inovasi Pendidikan: Dalam Upaya Meningkatkan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia

Gunter, M. A., Estes, T. H., dan Schwab, J. H. 2000. Instruction: A Models Approach. Boston: Allyn and Bacon.

Harbison, Frederick H. 1973. Human Resources As the Wealth of Nations. New York: Oxford University Press

Jacobs, G.M., Lee, G.S, dan Ball, J. 2006. Learning Cooperative Learning via Cooperative Learning: A Sourcebook of Lesson Plans for Teacher Edu-cation on Cooperative Learning. Singapore: SEAMEO Regional Language Center

Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Sugiarti, Titik. 1997. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah Pelatihan Peningkatan Kualifikasi Guru S1 PGSD. Jember: Universitas Jember

Suyanto dan Djihad Hisyam. 2000. Refleksi dan Reformasi Pendidikan Indonesia Memasuki Millenium III. Yogyakarta: Adi Cita

Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan. Nasional

Downloads

Published

2021-04-13