MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR

Authors

  • Rabukit Damanik STKIP Budidaya

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsap.v10i1.377

Abstract

Belajar pernah dilakukan hampir semua orang baik secara formal di lembaga pendidikan maupun tidak. Kegiatan belajar itu dilakukan karena memiliki motivasi dari diri si belajar untuk mencapai sesuatu. Dengan adanya motivasi ini kegiatan menjadi terlaksana baik dengan fasilitas yang mendukung atau tidak, karena motivasi ini mampu mendorong seseorang untuk mengerahkan segala upaya demi mencapai tujuan.Untuk itu, motivasi harusnya selalu ada dalam setiap kegiatan belajar. Dalam pendidikan formal, komponen yang bertanggung jawab dalam menumbuhkan dan membankitkan reaksi belajar peserta didik adalah tenaga  pendidik. Tenaga  pendidik harus mempu menguasai berbagai upayamengaktualisasikan potendi peserta didik Sehingga pembelajaran berjalan dengan baik dan tujuan dari belajar itu tercapai. Kemudian motivasi itu harus selalu ditingkatkan kemudian dijaga.

References

Sobur,A. (2013).Psikologi Umum Dalam Lintasan Sejarah.Bandung:Pustaka Setia.

Mardianto. (2014).Psikologi Pendidikan Landasan Pengembangan Strategi Pembelajaran. Medan:Perdana Publishing.

Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya,W. (2008).Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktik Pengembangan Kuriklum Tingkat Satuan Pendidikan(KTSP).Jakarta:Kencana Prenada Media Grup.

Purwanto,N.(1998). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suyanto, J. A.(2013). Menjadi Tenaga pendidik Profesional Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Tenaga pendidik di Era Global. Jakarta: Esensi Erlangga Group. Santrock.

J.W.(2004).Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2021-04-13