MENCIPTAKAN ORGANISASI YANG BAIK DAN EFEKTIF

Authors

  • Julkifli Julkifli STKIP BUDIDAYA BINJAI
  • Hamidah Darma

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsap.v10i2.520

Abstract

Organisasi merupakan jalan dua orang atau lebih, untuk mencapai tujuan bersama. Organisasi diciptakan sebagai moda transportasi dua orang, atau sekelompok orang dengan tujuan mempermudah merumuskan visi, misi, dan tujuan yang akan dicapai. Dalam perjalanannya organisasi memiliki sistem tersendiri yang harus dijalankan para pelakunya guna mendapatkan organisasi yang baik dan efektif, yang sesuai dengan konsep dari pembentukan organisasi tersebut. Ada beberapa jenis organisasi yang ada, mulai dari organisasi yang dibentuk untuk kebutuhan bisnis, sosial, politik, teknis, dan organisasi belajar. Kesemuanya memiliki konsep dan perumusan masing-masing dalam menjalankannya. Partisipasi dalam organisasi merupakan komponen penting yang harus diperhatikan oleh perilaku organisasi. Partisipasi dalam organisasi meliputi mental, pikiran, tenaga, ide, emosi, uang, dan juga perasaan. Pada dasarnya partisipasi dalam organisasi adalah keterlibatan secara total, baik yang bersifat jasmani dan juga rohani. dalam pelaksanaan organisasi juga dibutuhkan komitmen dari para pelaku organisasi. Komitmen organisasi merupakan keinginan yang kuat, usaha yang besar atau totalitas, serta keyakinan akan sampainya tujuan yang dicita-citakan.Tujuan adalah indikator yang harus dilalui oleh suatu organisasi, yang juga berfungsi untuk mengukur kinerjanya.Tujuan harus memenuhi beberapa karakteristik berikut : (1)kejelasan, (2) fleksibilitas, (3) terukur, (4) realistis, (5) koheren, dan (6) memotivasi. Organisasi yang baik adalah organisasi yang memiliki unsur-unsur penting seperti tujuan, partisipasi, dan komitmen dari para pelakunya.

References

Allen, N. J. & Meyer, J. P., 1993, Organizational commitment: Evidence of career stage effects? Journal of Business Research, 26, 49-61

Ambarwati, Arie (April 2018). Perilaku dan Teori Organisasi (PDF). Malang: Media Nusa Creative. hlm. 3. ISBN 978-602-462-052-3.

Durkin, Mark, 1999, Employee Commitment in Retail Banking: Identifying and Exploring Hidden Dangers, International Journal of Bank Marketing, Vol 17. 3: 124-134.

Horton, Paul B. dan Chester L. Hunt. 1984. Sociology. Edisi keenam. International Student Edition. Tokyo: Mc.Graw-Hill Book Company Inc.Hlm. 89.

Jo Hatch, Mary. 1997. Organization Theory. New York: Oxford University Press.

Stephen P.Robbins. Teori Organisasi Struktur, Desain, dan Aplikasi, (Jakarta: Arcan: 1994), hlm.4

Zurnali Cut, 2010, "Learning Organization, Competency, Organizational Commitment, dan Customer Orientation: Knowledge Worker - Kerangka Riset Manajemen Sumberdaya Manusia pada Masa Depan", Penerbit Unpad Press, Bandung.

Downloads

Published

2022-02-05