EFEKTIFITAS SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SEKOLAH UNTUK PENGEMBANGAN GURU

Authors

  • M Dian Wahyudi STKIP Budidaya Binjai
  • Muhammad Nasir

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsap.v10i2.521

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kepala sekolah melaksanakan supervisi akademik untuk pengembangan guru SD Islamiyah Tahun 2021. Adapun masalah yang diteliti berkenaan dengan supervisi Akademik dan keterkaitannya dengan pengembangan Guru Penelitian ini dilaksanakan di SD Islamiyah Kabupeten Deli Serdang dengan menggunakan penelitian kualitatif. Hal ini berdasarkan pertimbangan bahwa penelitian ini mengungkafkan keefektifan pelaksanaan supervisi akademik untuk pengembangan profesi guru. Subjek penelitian ini diarahkan pada pencarian data oleh kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan staf di SD Islamiyah dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan studi dokumentasi.     Temuan penelitian ini sebagai berikut: 1) supervisi kepala sekolah dalam pengembangan profesional guru. 2) peren guru dalam pembelajaran. 3) peran kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan. 4) pola kepemimpinan yang diterapkan kepala sekolah pada guru 

References

Donni Juni Priansa, QWP, Menjadi Kepala Sekolah Dan Guru Profesional (Bandung : Pustaka Setia, 2017)

Fitrianti, Profesi Guru Dengan Penelitian Tindakan Kelas(Yogyakarta : Budi Utama, 2016 ).

http://ilyasismailputrabugis.blogspot.com, 2009, Kinerja Dan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran. Diakses tgl. 17 juli 2019, pkl. 01.45

http://www.almaududy.com,2014Konsep-Supervisi-Akademik, diaksestgl, 12 juli 2019, pkl, 10.53 WIB

https://ainamulyana.blogspot.com/2012/02.Indikator Kinerja Guru Dan Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru, Diakses tgl 16 juli 2019, pkl. 21.51

https://goenable.wordpress.com,Supervisi-Akademik,di aksestgl, 12 juli 20019, pkl. 11.01 WIB

https://salimudinzyhdi.wordpress.com,2013,Supervisi-Akademik, diaksestgl 12juli 2019, pkl.04.46 WIB

Jaja Suteja, Etika Profesi Keguruan,(Bandung : Budi Utama, 2013).

Jurnal Magister Administrasi Pendidikan, Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru, 2017.

Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan, Peranan Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru, 2016

Jurnal Pendidikan dan Kependidikan, Strategi Guru Profesional, 2016.

Jurnal pendidikan dan kependidikan, Tugas Pokok Guru Dalam Mengembangkan Profesinya, 2016.

Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Pengembngan Profesi Guru Dalam Meningkatkan Kinerja Guru,2017).

Kompri, Standardisasi Kompetensi Kepala Sekolah, (Jakarta: Kencana2017)

Mohammad Ahyan Yusuf Sya’bani, Menjadi Guru Yang Religius Dan Bermartabat (Kudon Gresik : Caremedia Communication, 2018).

Muhammad Nasir, Hubungaan Supervisi Akademik Kepaka Skolah Dengan Kompetensi Profesionl Guru, Medan, 2013.

Muhammad Nasir, Hubungaan Supervisi Akademik Kepaka Skolah Dengan Kompetensi Profesionl Guru, SMP Muhammadiyah 57 Medan, 2013

Ondi Soandi, Arisuheman, Etika Profesi Keguruan (Bandung : Refika Aditama, 2010).

Piet A. Sahertian, Supervisi Pendidikan, (Jakarta : Rineka Cipta 2010).

Robert j. Starrat, Menghadirkan Memimpin Visioner Kiat Menegaskan Peran Sekolah, ( ogyakarta : Kansius 2007).

Sri Banun Muslim, Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru (Bandung: Alfabeta, 2009).

Sugiono. Statistik Penelitian, (Bandung: Alphabeta. 2011).

Syaiful Sagala, Kemampuan Profesional Guru Dan Tenaga Kependidikan (Bandung: Alfabheta, 2009).

______________,Supervisi Pembelajaran Dalam Profesi Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2012).

Undang-Undang Guru Dan Dosen(UU Ri No.14 Th 2005 ), (Jakarta Sinar Grafika, 2010).

Downloads

Published

2022-02-05