KEEFEKTIFAN PENGELOLAAN SEKOLAH DI SMK TARUNA MARITIM DIRGANTARA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2021-2022
DOI:
https://doi.org/10.37755/jsap.v10i2.522Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk menggambarkan bagaimanakah keefektifan pengelolaan sekolah di SMK Taruna Maritim Dirgantara Medan pada tahun pelajaran 2021-2022 dimana  terdapat 2 [dua] bentuk kegiatan yang diteliti yaitu peneglolaan sekolah di dalam pengelolaan kegiatan sekolah.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Adapun sivitas akademika yang dijadikan sebagai subjek pada penelitian ini yaitu; [1] kepala sekolah, [2] guru dan [3] komite SMK Taruna Maritim Dirgantara Medan. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik; [1]  wawancara, [2] observasi dan [3] dokumentasi. Untuk mendapatkan data yang lebih valid maka untuk menganalisis data digunakan teknik; [1] reduksi data, [2] penyajian data dan [3] penarikan kesimpulan. Kemudian untuk menguji keabsahan data dilakukan melalui uji kredibilitas dengan triangulasi sumber dan teknik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: [1] perencanaan program untuk pengelolaan sekolah sudah terlaksana dengan mengacu kepada adalah visi, misi, tujuan dan  rencana sekolah, tetapi keterlibatan orang tua untuk merumuskan rencana sekolah masih rendah; [2] dari beberapa indicator pengelolaan sekolah untuk melaksanakan rencana yang masih ybelum sesuai dengan rencana tetpi khusus beberapa indictor seperti bidang; 1] kesiswaan, 2] kurikulum dan 3] bidang pendidik dan tenaga kependidikan telah sesuai dengan rencana [3] pengelolaan sekolah dalam kepemimpinan sudah terlaksana dengan acuan;  1] merumuskan tujuan, 2] menganalisis potensi sekolah, 3] memberikan motivasi, 4] penghargaan kepada pendidik 5]  dan menciptakan armosfir atau lingkungan sekolah yang nyaman, tentram, sejuk dan asri, tetapi indicator  pengawasan kepala sekolah masih rendah; [4] Evaluasi Diri [Sekolah] yang telah dilaksanakan dengan baik meliputi; 1] pengawasan pengelolaan sekolah, 2] pengembangan kurikulum dan 3] evaluasi sumber daya manusia pendidik dan tenaga kependidikan, namun khusus untuk  program pengawasan masih tergolong rendah.References
Ali Idrus. [2009]. Pengelolaan Pendidikan Global [Visi, Aksi, dan Adaptasi]. Jakarta: Gaung Persada Press.
Andi Prastowo. [2012]. Metode Penelitian Kualitatif “dalam Perspektif Rancangan Penelitianâ€. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Bedjo Sujanto. [2009]. Pengelolaan Pendidikan Berbasis Sekolah. Jakarta: CV. Sagug Seto.
Daryanto. [2011]. Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Dpada pukul’an Satori dan Aan Komariah. [2011]. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Hasbullah. [2006]. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Hery. [2013]. Pengantar pengelolaan [Cara Cepat dan Mudah Memahami]. Jakata: Penerbit Gava Media.
Husaini Usman. [2010]. Pengelolaan [Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan]. Edisi 3. Jakarta: Bumi Aksara.
Imam Musbikin. [2013]. Menjadi Kepala Sekolah Yang Hebat. Pekanbaru: Zanafa Publishing.
John W. Creswell [2010]. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Edisi Ketiga. Penerjemah: Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mat Syuroh. [2009]. Kepemimpinan Efektif di Era Globalisasi. Yogyakarta: Pustaka Felicha.
Nanang Fattah. [2004]. Konsep Pengelolaan Berbasis Sekolah [MBS] dan Dewan Sekolah. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Nana Syaodih Sukmadinata. [2013]. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja RoSMKakarya.
Nurkolis. [2006]. Pengelolaan Berbasis Sekolah [Teori, Model, dan Aplikasi]. Jakarta: Grasindo.
Sugiyono. [2010]. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan RdanD. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. [2010]. Pengelolaan Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sutrisno Hadi. [2004]. Metodologi Research. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tatang M. Amirin. [2013]. Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. [2005]. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Undang-Undang Nomor 20. Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wahjosumidjo. [2011]. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Rajawali Pers







