UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN ANTUSIASME MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI PROGRAM STUDI ADMINISTRASI PENDIDIKAN STKIP BUDIDAYA BINJAI

Authors

  • Julkifli Julkifli STKIP BUDIDAYA BINJAI
  • Hamidah Darma

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsap.v10i2.523

Abstract

Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan melalui pelatihan dan pengajaran. Usaha yang sadar dan terencana dibutuhkan untuk mencapai tujuan dari pendidikan itu sendiri. Pengajaran merupakan bagian dari pendidikan yang tidak bias dipisahkan. Pengajaran adalah transformasi pengetahuan dari pendidik ke peserta didik melalui interaksi langsung ataupun tidak langsung. Kebijakan pembelajaran secara daring (tidak langsung) diberlakukan di April tahun 2020, menandai merebaknya virus Covid-19 yang menginfeksi sebagian besar orang. Kebijakan ini diambil dalam rangka antisipasi penularan virus Covid-19 antar pelajar. Seiring berjalannya waktu pembelajaran daring mengalami beberapa kendala dalam penerapannya. Kendala yang muncul tidak hanya dari kegiatannya, tapi juga dari pelaksana kegiatannya, dosen dan mahasiswa. Mulai dari lemahnya penguasaan aplikasi-aplikasi yang digunakan dalam pembelajaran daring seperti Zoom., Google Duo, Google Form, Google Classroom dan aplikasi lainnya. Tidak hanya itu beberapa permasalahan lain seperti keterbatasan kuota, absensi ketika daring, serta pemadaman listrik yang tiba-tiba. Dengan peningkatan dari pelaksanaan secara pembelajaran secara daring, diharapkan akan membangkitkan motivasi dan antusiasme mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran secara daring.

References

Abidin, Z,. Rumansyah, & Arizona, K. (2020). Pembelajaran online berbasis proyek salah satu solusi kegiatan belajar mengajar di tengah pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64-70.

Chandrawati, S. R. (2010). Pemanfaatan e-learning dalam pembelajaran. Jurnal Cakrawala Kependidikan, 2(8), 172-181.

Firman, Sari Rahayu Rahman (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES),2(2), 81-89.

Gunawan, Suranti, N.M.Y., & Fathoroni. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemi Period. Indonesian Journal of Teacher Education, 1, 61–70.

Mendikbud RI. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 119 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Menkumham RI.

Moleong, L. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Oktavian, R., & Aldya, R. F. (2020). PelaksanaanPembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 129–135.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Downloads

Published

2022-02-05