IMPLEMENTASI KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH PADA MASA COVID-19 DI MTSs NURUL ISLAM KUALA
DOI:
https://doi.org/10.37755/jsap.v11i1.577Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kompetensi manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah pada masa covid-19 di MTSs Nurul Islam Kuala. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Subjek penelitian  yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, komite sekolah, tata usaha dan guru-guru. Objek penelitian yaitu seluruh yang ada di sekolah yang di teliti. Instrumen penelitian dimaksudkan sebagai alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: lembar kisi-kisi yang dilengkapi dengan pedoman wawancara, berupa pertanyaan-pertanyaan, observasi, studi dokumentasi dari seluruh kegiatan observasi yang dilakukan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan studi dokumetasi. Teknik analisis data yaitu perencanaan, pengumpulan data, pemisah data, verifikasi dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kemampuan manajerial kepala MTSs Nurul Islam Kuala dalam menyusun perencanaan melibatkan seluruh personel sekolah yang dimaksudkan untuk menimbulkan perasaan ikut memiliki yang dapat memberikan dorongan kepada guru dan personel sekolah yang lain untuk berusaha agar rencana tersebut berhasil, (2) kemampuan manajerial kepala MTSs Nurul Islam Kuala melaksanakan kegiatan sekolah tanpa melakukan pembagian tugas, wewenang dan tanggung jawab yang jelas terhadap bidang masing-masing, dan (3) kemampuan manajerial kepala MTSs Nurul Islam Kuala dalam melaksanakan evaluasi sekolah berdasarkan hasil pengamatan secara langsung tanpa menggunakan instrumen atau pedoman pelaksanaan evaluasi secara jelas.References
Danim, Sudarwan. 2009. Manajemen Kepemimpinan Transformasional. Kekepala sekolahan. Jakarta: Rineka Cipta.
Jamali, A., & Prasojo, L. D. (2013). Pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah, lingkungan, motivasi guru, terhadap prestasi siswa SMA Muhammadiyah kota Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 1(1), 8-21.
Murniati, AR, & Nasir Usman. 2009. Implementasi Manajemen Strategik dalam Pemberdayaan Sekolah Menengah Kejuruan. Bandung: Citapustaka Media Perintis
Puspitasari, N. (2015). Kemampuan manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru (study kasus smk batik 1 surakarta). Jurnal Informa: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 29-36.
Suryo Subroto. (2010). Manajemen Pendidika Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta.
Uno, Hamzah B. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
UU 20-2003- Sisdiknas, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diakses tgl 30 april 2021
UU No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Wahjosumidjo . 2010. Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan teoritik dan permasalahannya. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Wahyudi, M Dian. (2015). Hubungan antara Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dan Motivsi Kerja Dengan Kinerja Guru SMP Negeri 1 Binjai . Jurnal Ilmiah Pendidikan 1 (INSPIRASI), 87-91.







