KORELASI LINIERITAS KUALITAS PELAYANAN DAN AKREDITASI PADA SATUAN TINGKAT PENDIDIKAN SEKOLAH MENEGAH PERTAMA DI KECAMATAN BINJAI UTARA

Authors

  • Rabukit Damanik STKIP Budidaya

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsap.v11i1.578

Abstract

Korelasi linieritas kualitas pelayanan dan akreditasi pada satuan tingkat pendidikan Sekolah Menegah Pertama  se-kecamatan Binjai Utara. Jenis penelitian ini adalah metode  penelitian korelatif kuantitatif. Jumlah sampel yang didesripsikan sesuai adalah berasal dari lingkungan masyarakat dalam hal ini orang tua siswa SMP Negeri Kecamatan Binjai Utara dengan jumlah 30 [tigapuluh] orang. Purposive sampling adalah metode sampling yang sesuai digunakan untuk menentukan sampel. Agar validitas instrument dapat dinyatakan signifikan maka instrument harus diuji dengan; [1] uji validitas dan [2] uji reabilitas kemudian;  [1] uji nomalitas, [2] uji linearitas, [3] uji hipotesis, [4] uji t dan [5] regresi linear sederhana digunakan untuk teknik analisia data. Setelah dianalisa maka analisis penelitian menunjukkan hasil terdapat korelasi linieritas kualitas pelayanan dan akreditasi pada Satuan Tingkat Pendidikan Sekolah Menegah Pertama  se-Kecamatan Binjai Utara. Analisis ini dapat terlihat dari hasil uji t dengan perolehan t hitung [3,480] > t tabel [2,051] sehungga  H1 diterima dan H0 ditolak. Nilai uji signifikan t variabel bebas [akreditasi sekolah] terhadap variabel terikat [kualitas pelayanan sekolah] adalah 0.00. Maka  apabila nilai signifikan t < 0,005 artinya bahwa penelitian ini mendeskripsikan  terdapatnya  korelasi linieritas antara akreditasi sekolah dengan kualitas pelayanan Sekolah Menengah Peryama se-kecamatan Binjai Utara.

References

Anton, N &Yohanes. 2011. Cara mudah Mengolah Data Dengan SPSS. Yogyakarta: PT. Skripta Media Creative.

Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah 2018. Pedoman Akreditasi Sekolah/Madrasah.Jakarta: Depertement Pendidikan dan Kebudayaan.

Depdiknas. 2005. Kebijakan dan Pedoman Akreditasi Sekolah. Jakarta: Basnas. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. 2006. Akreditasi Sekolah dan Pembelajaran Tematik, Semarang: DikdasmenDepdikbud

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara [KEMENPAN] Nomor 63 Tahun 2003 Pasal 7.

Keputusan Menteri Pendidikan Indonesia No. 129a/U/2004 tentang Standar Pelayanan Minimal Pasal 4.

Margono. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Padil, M &Angga T. P. 2011.Strategi Pengolaan SMP/MI: Visioner, Malang: UIN Maliki Perss.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005.

Sari, R.P. 2013.Pengaruh Kualitas Pelayanan Sekolah Terhadap Kepuasan Peserta Didik dan Orangtua Peserta Didik di Sekolah Menegah Kejuruan [SMK] Negeri se-Kota Malang.Skripsi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sa’ud, U.S. 2008. Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta Sugiyono. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sopiatin, P. 2010. Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Bogor: Ghalia Indonesia.

Downloads

Published

2022-05-30