UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI BELAJAR KOOPERATIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMP AN-NADWA ISLAMIC CENTER BINJAI

Authors

  • Hamidah Darma STKIP BUDIDAYA BINJAI
  • Julkifli Julkifli
  • Ismail Ismail
  • Fitria Ramadani

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsap.v11i2.713

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalu model pembelajaran E-Learning  dengan menggunakan strategi belajar  kooperatif pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Jenis Penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian merupakan siswa kelas VII SMP An-Nadwa Islamic Center Binjai sedangkan objek pada penelitian yaitu upaya meningkatkan motivasi belajar  siswa. Teknik pengumpulan data  yang digunakan melalui observasi,  wawancara dan dokumentasi.  Analisis data  dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah : (1)  Terjadinya peningkatan motivasi belajar pada siswa SMP An – Nadwa Islamic Centre Binjai dengan rata – rata peningkatan motivasi dari siklus I sebesar 80,29 (kategori termotivasi), pada siklus II sebesar 88,29 (kategori sangat termotivasi). (2) Persentase keberhasilan pembelajaran pada siswa yang memenuhi kriteria motivasi belajar tinggi atau sangat tinggi juga mengalami peningkatan yakni dari 48,14% pada siklus I menjadi 88,88% pada siklus II dalam penerapan model pembelajaran e – learning dengan menggunakan strategi belajar kooperatif di SMP An – Nadwa Islamic Centre Binjai.

References

Baharuddin, Esa. 2007. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru Dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakrya.

D., Hamidah. 2016 .Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Komitmen Organisai Guru. Unimed. Diakses tanggal 5 September 2022.

Julkifli. 2020. Peran Guru Dalam Membangkitkan Motivasi Belajar Siswa Serta Membuatnya Menjadi Aktif Dan Kreatif di Dalam Kelas. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan Vol 7, No. 1. Diakses tanggal 5 September 2022.

Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Bandung; Penerbit Alfabeta.

Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Uno, Hamzah B. 2011. Memotivasi Belajar Dengan Menggunakan E-learning;. Jurnal Ummul Qura;, Vol VI, No 2. Diakses tanggal 5 September 2022.

Yaniawati. 2010. Strategi Belajar Dengan Memanfaatkan E-learning : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar : Vol. 2, No. 2, Desember 2020 : Hal. 219-228, E-ISSN:2714-7711. Diakses tanggal 7 September 2022.

Downloads

Published

2023-01-13