UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN GURU DALAM MENJELASKAN DAN MENGADAKAN VARIASI MENGAJAR MELALUI SUPERVISI KLINIS DENGAN PENDEKATAN KOLABORATIF DI SMK BM SINAR HUSNI MEDAN

Authors

  • Julkifli Julkifli STKIP Budidaya
  • Hamidah Darma
  • Samsila Samsila

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsap.v11i2.717

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menjelaskan dan keterampilan mengadakan variasi mengajar melalui supervisi klinis dengan pendekatan kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM Sinar Husni Medan pada Agustus 2021. Subjek penelitian ini adalah 3 (tiga) orang guru SMK BM Sinar Husni Medan. Objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan menjelaskan dan mengadakan variasi mengajar dengan menggunakan supervisi klinis dengan pendekatan kolaboratif. Penelitian tindakan ini menggunakan model penelitian tindakan sekolah, mengacu pada model penelitian tindakan kemmis dan Taggart yang dirancang dengan proses siklus yang terdiri dari 4 (empat) tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Tahapan ini terus diulang per individu sampai permasalahan guru dalam keterampilan menjelaskan dan mengadakan variasi mengajar teratasi. Hasil analisis data guru dalam menerapkan keterampilan menjelaskan sebagai berikut : pada saat siklus I rata-rata sebesar 67,2% (kategori cukup) dan keterampilan mengadakan variasi mengajar sebesar 67,1% (kategori cukup). sehingga dilakukan bantuan berupa bimbingan kepada guru tentang bagaiman menjelaskan dan mengadakan variasi mengajar yang baik. Setelah dilakukan Supervisi klinis maka keterampilan menjelaskan pada siklus II naik menjadi 81,1% (kategori baik), begitu juga dengan keterampilan mengadakan variasi mengajar pada siklus II naik menjadi 81,9%. Dari paparan data tersebut dapat diketahui bahwa telah terjadi peningkatan nilai keterampilan guru di SMK BM Sinar Husni Medan dalam menjelaskan dan mengadakan variasi mengajar melalui kegiatan supervisi klinis dengan pendekatan kolaboratif, sehingga diharapkan kepada kepala sekolah dan pengawas sekolah untuk dapat menerapkan serta mengembangkan kegiatan supervisi klinis ini dengan lebih baik lagi, dengan harapan kualitas guru dalam mengajar menjadi lebih baik yang berimplikasi terhadap tujuan dalam belajar mengajar.

Author Biography

Julkifli Julkifli, STKIP Budidaya

Administrasi Pendidikan

References

Adi W, Gunawan 2003. Genius Learning Strategy. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Arikunto, S. 2004. Dasar-dasar supervisi, Yogyakarta : Rineka Cipta

_________. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Bafadal, Ibrahim. 2003. Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar : dari Sentralisasi menuju Desentralisasi, Jakarta : Bumi Aksara

Budiono. 2005. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Karya Agung

Darmadi, Hamid. 2010. Kemampuan Dasar Pengajar. Bandung : Alfabeta

Glickman. C. D. 1990. Supervision on instrumen develomental approach, Allyn and Bacon Inc

Http://Kemdikbud.go.id Diakses pada tanggal 2 maret 2015

Kemmis. S. & Mc Tagart, R. 1982. The action reseach planner. Victoria, Australia : Deakin University Press

Leddick, G. R. & Bernard, J. M. 1980. The history of supervision: A critical review. Counsellor Education and Supervision.

Marno dan Idris. 2008. Strategi dan Model Pengajaran. Yogyakarta : AR-Ruzz Media.

Maunah, Binti, 2009, Supervisi Pendidikan Islam Teori dan Praktek, Yogyakarta: Sukses Offset

Mufidah, Luk-luk Nur. 2008.Supervisi Pendidikan, Jember: Center for Society Studies

Mukhtar dan Iskandar. 2009. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta : gaung Persada Press.

Mulyasa, E. 2009. Penelitian Tindakan Sekolah, Bandung : Rosda Karya

_______. 2005. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: Remaja Rosdakarya

_______. 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung:RemajaRosdakarya

Murni, Wahid Dkk, Keterampilan Dasar Mengajar, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media,

Muslim, Sri Benun. 2009. Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru, Alfabeta: Bandung

Purwanto, Ngalim, 2004, Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Pustaka, Balai. 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Putra Nusa, 2014. Penelitian Tindakan. Bandung : PT Remaja Rosda Karya

Rusyan, A. Tabrani, dkk. 2000. Guru yang Sejahtera. Bandung : CV. Acarya Media Utama

Sagala, Syaiful. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan.Bandung: Alfabeta.

____________. 2010. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan, Bandung : Alfabeta

____________. 2012. Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung : Alfabeta

Sahertian, P.A. 2000, Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Group

Sardiman A.M. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers.

Sudarwan. 2012. Profesi kependidikan. Bandung Alfabeta

Sukirman Dadang, 2011, Perencanaan Pembelajaran, bandung : UPI Press

Suyadi, 2003. penelitian tindakan kelas (PTK) dan penelitian tindakan sekolah (PTS). Yogyakarta : Penerbit Andi

Suwarna dkk, 2006. Pengajaran Mikro, Yogyakarta: Tiara Wacana

Soetomo.1993. Dasar Dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya : Usaha Nasional

Syaiful Bahri Djamarah. (2005). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta

Uzer Usman. 2010. Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wau, Yasaratodo, 2014. Profesi Kependidikan, Medan : Unimed Press

Downloads

Published

2023-01-13