KEEFEKTIFAN PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK DALAM PENINGKATAN KEPROFESIONALAN GURU OLEH KEPALA SEKOLAH DI SMKS YPIS MAJU BINJAI

Authors

  • Hamidah Darma STKIP BUDIDAYA BINJAI
  • Maulana Akbar STKIP BUDIDAYA
  • M Faisal

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsap.v11i2.756

Abstract

Penelitianinibertujuanuntukmengetahui bagaimana kepala sekolah merencanakan program supervisi akademik untuk pengembangan profesi guru-guru SMK Swasta YPIS Maju Binjai tahun pelajaran 2019/2020. Adapun masalah yang akan diteliti adalah apakah supervisi akademik ada keterkaitan dengan pengembangan profesi guru.Penelitianinidilaksanakan di SMKSMaju Binjai. Penelitianinimenggunakanpenelitiankualitatif.Hal inididasarkanpadapertimbanganbahwapenelitianinimengungkapkan Keefektifan Pelaksanaan Supervisi Akademik. Untuk Pengembangan Profesi Guru. Penelitiankualitatifadalahprosedurpenelitian yang menghasilkan data deskriptifberupa kata-kata yang tertulisataulisandari orang-orang yang perilakunyadapatdipahami.Subjekpenelitianinidiarahkanpadapencarian data darikepalasekolah, wakilkepalasekolah, guru, maupunstaf di SMK Maju Binjai.Pengumpulan data penelitiandiperolehdenganteknikobservasi, wawancaradanstudidokumen.Temuanpenelitianinisebagaiberikut :1). Supervisi akademik kepala sekolah dalam pengembangan profesional guru. 2) peran guru dalam pembelajaran. 3) peran kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan. 4) pola kepemimpinan yang diterapkan dalam memimpin guru. 

References

Donni Juni Priansa. 2017. QWP, Menjadi Kepala Sekolah Dan Guru Profesional, Bandung : Pustaka Setia.

Fitrianti. 2016. Profesi Guru Dengan Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta : Budi Utama.

http://ilyasismailputrabugis.blogspot.com, 2009, Kinerja Dan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran. Diakses tgl. 17 juli 2019, pkl. 01.45

http://www.almaududy.com,2014Konsep-Supervisi-Akademik, diaksestgl, 12 juli 2019, pkl, 10.53 WIB

https://ainamulyana.blogspot.com/2012/02.Indikator Kinerja Guru Dan Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru, Diakses tgl 16 juli 2019, pkl. 21.51

https://goenable.wordpress.com,Supervisi-Akademik,di aksestgl, 12 juli 20019,

pkl. 11.01 WIB

https://salimudinzyhdi.wordpress.com,2013,Supervisi-Akademik, diaksestgl 12 juli 2019, pkl.04.46 WIB

Jaja Suteja. 2013. Etika Profesi Keguruan, Bandung : Budi Utama.

Jurnal Magister Administrasi Pendidikan, Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru, 2017.

Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan, Peranan Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru, 2016

Jurnal Pendidikan dan Kependidikan, Strategi Guru Profesional, 2016.

Jurnal pendidikan dan kependidikan, Tugas Pokok Guru Dalam Mengembangkan Profesinya, 2016.

Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Pengembngan Profesi Guru Dalam Meningkatkan Kinerja Guru,2017).

Kompri. 2017. Standardisasi Kompetensi Kepala Sekolah, Jakarta: Kencana.

Mohammad Ahyan Yusuf Sya’bani. 2018, Menjadi Guru Yang Religius Dan Bermartabat Kudon Gresik : Caremedia Communication.

Ondi Soandi, Arisuheman. 2010. Etika Profesi Keguruan, Bandung : Refika Aditama.

Piet A. Sahertian. 2010. Supervisi Pendidikan, Jakarta : Rineka Cipta 2010.

Robert j. Starrat. 2007. Menghadirkan Memimpin Visioner Kiat Menegaskan Peran Sekolah, Yogyakarta : Kansius.

Sri Banun Muslim. 2009. Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru, Bandung: Alfabeta.

Sugiono. 2011. Statistik Penelitian, Bandung: Alphabeta.

Syaiful Sagala. 2009 Kemampuan Profesional Guru Dan Tenaga Kependidikan, Bandung: Alfabheta.

______________. 2012. Supervisi Pembelajaran Dalam Profesi Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Guru Dan Dosen (UU RI No.14 Th 2005 ), (Jakarta Sinar Grafika, 2010).

Downloads

Published

2023-01-13