THE EFFECT OF USING THE THINK TALK WRITE (TTW) LEARNING MODEL ON STUDENTS' ACHIEVEMENT IN DESCRIPTIVE WRITING SKILLS

Authors

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar keterampilan menulis deskriptif siswa kelas VIII-4 MTs Negeri 4 Langkat. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen dengan sampel penelitian yaitu kelas VIII-4. Instrumen yang digunakan adalah tes berupa pre test dan post test. Pre test diberikan sebelum treatment diberikan, sedangkan post test dilakukan setelah treatment diberikan. Nilai rata-rata hasil post test adalah 77,27. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial dengan menggunakan rumus uji t dapat diketahui nilai tHitung sebesar 7,49. Dengan frekuensi (dk) 30 - 1 = 29, pada taraf signifikansi 5% diperoleh tTabel = 2,69. Dengan demikian tHitung > tTabel pada taraf signifikansi 0,05 maka hipotesis yang diajukan adalah jika diterapkan model pembelajaran Think Talk Write ada pengaruh dalam meningkatkan hasil keterampilan menulis deskriptif siswa kelas VIII-4 MTs Negeri 4 Langkat.

Author Biography

Conny Conny, STKIP Budidaya

Dosen di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Bididaya Binjai

Downloads

Published

2023-10-30 — Updated on 2023-11-08

Versions