IMPROVING STUDENTS’ WRITING ABILITY IN ANALYTICAL EXPOSITION TEXT THROUGH PICTURE SEQUENCES AS MEDIA OF THE ELEVENTH GRADE OF SMAS BINTANG LANGKAT
Keywords:
Improving, Picture Sequences, Writing Ability, Analytical Exposition TextAbstract
Penelitian ini ditujukan kepada siswa kelas XI SMAS Bintang Langkat. Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana subjek penelitian adalah siswa kelas XI-IPS. Jumlah keseluruhan siswa adalah 20 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam teks eksposisi analitis melalui media gambar berseri. Berdasarkan data, disimpulkan bahwa cara pandang siswa melalui pembelajaran dengan menggunakan urutan gambar dinyatakan sangat baik. Hampir sebagian besar dari mereka telah menulis teks dengan isi dan organisasi yang baik. Nilai siswa mengalami peningkatan dari nilai pra-observasi. Siswa terlihat tertarik dalam proses pembelajaran. Hal ini berarti bahwa riset ini berhasil meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi analitis. Pada tahap pertama, siswa mendapatkan nilai 69,35 yang mana nilai tersebut belum mencapai KKM. Selain itu, setelah dilakukan perencanaan ulang pada tahap siklus kedua, siswa memperoleh nilai rata-rata 78,55. Hal ini menandakan adanya peningkatan. Hal ini menyatakan bahwa ada peningkatan kemampuan menulis teks eksposisi analitis siswa dengan menggunakan media gambar berseri di SMAS Bintang LangkatKata Kunci Meningkatkan, Urutan Gambar, Kemampuan Menulis, Teks Eksposisi Analitis.References
Byrne, Donn. 1984. English teaching prespective. London: Longman
Bashir, M. Emilia,M, J.R Agustien H, dan Mulyanti,L.2017. Bahasa Inggris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, PT Gramedia, Cetakan ke-2.
Conny, Miranti, Shelly. 2018. The Effect of Outdoor Learning on Teaching Writing of Descriptive Text on Tenth Year Grade Students’ of SMA SwastaTaman Siswa Binjai at Academic Year 2017/2018”. Journal of Serunai English Language. Vol. 3 (2).
Direktorat Pendidikan Menengah Umum.1999. Penelitian Pembelajaran Bahasa Inggris. Jakarta: depdikbud.
Finocchiaro, and Brumfit. 2006. The Functional National Approach. New York: Oxford University.
Harmer, Jeremy. 2004.How to Teach Writing. Essex : Pearson Longman.
Jozsef.Horvath. 2001.Advanced Writing in English as a Foreign Language. Pecs: Lingua Franca Csoport.
Kurniawan, Agung. 2017. The Effect of Role Play on Students’ Speaking Skill at Seventh Grade of Madrasah Sanawiyah Muhammadiyah 01 Medan.Thesis is not published. Medan: Islamic State University of North Sumatera.
Marrie Allen and Paul Procter. 2008. Cambridge Advanced Learner’s Dictionary Third Edition. Cambridge University Press.
University, Oxford. 2003.Oxford Learner’s Pocket Dictionary. New York: Oxford University press.
Wright, Andrew. 1989. Fictures for Language Learning. Cambridge: University Press.
Downloads
Published
Versions
- 2024-11-20 (2)
- 2024-10-31 (1)