ANALISIS CODE SWITCHING DALAM SEMINAR PROPOSAL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS STKIP BUDIDAYA BINJAI

Authors

  • Rakhmat Wahyudin Sagala Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Tri Indah Rezeki STKIP Budidaya Binjai

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsbi.v11i2.169

Abstract

Dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris notabenenya harus menggunakan bahasa Inggris didalam proses kegiatan yang berhubungan dengan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Faktanya, terbatasnya penggunaan bahasa Inggris membuat mahasiswa sering menggunakan code switching dalam kegiatan yang berhubungan dengan Program Studi Pendidikan bahasa Inggris. Studi ini bertujuan untuk mengetahui fenomena code switching yang terjadi didalam proses seminar proposal Prodi Bahasa Inggris Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Budidaya Binjai. Penelitian deskriptif kualitatif ini  mengambil data dari proses seminar proposal Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang mana dosen penguji dan mahasiswa peserta seminar sebagai subjek penelitian dan data diperoleh melalui observasi, wawancara, rekaman dengan menggunakan rekaman video dan catatan lapangan. Dari hasil temuan disimpulkan bahwa code switching terjadi dalam tuturan selama proses seminar proposal prodi Bahasa Inggris. Jenis code switching yang terdapat dalam tuturan berdasarkan teori Romaine (2000) yaitu Inter-sentential code switching, Intra-sentential code switching dan Tag switching. Faktor dosen dan mahasiswa melakukan code switching adalah karena perubahan situasi karena hadirnya orang ketiga, perubahan situasi dari formal ke informal atau sebaliknya, dan berubahnya topik pembicaraan. Dari hasil interview juga disimpulkan bahwa mahasiswa melakukan code switching karena bahasa Inggris bukan bahasa pertama mereka sehingga kurangnya kosakata bahasa Inggris membuat mereka sering menggunakan code switching didalam percakapannya. Penelitian ini dibiayai oleh SIMLITABMAS. Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat. Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan. Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, sesuai dengan kontrak penelitian tahun anggaran 2018.Kata Kunci: Code Switching, Jenis Code Switching, Faktor Code Switching

Author Biography

Rakhmat Wahyudin Sagala, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

English Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education

References

A. Chaedar. 1998. Pengantar Sosiologi Bahasa. Bandung: Angkasa.

Chaer, Abdul dan Leoni Agustina. 2010. Sosiolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta

Kridalaksana, Harimurti. 1984. Kamus Linguistik. Jakarta: Nusa Indah.

Miles & Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI-Press

Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nababan, PWJ. 1991. Sosiolinguistik Suatu Pengantar. Jakarta: Gramedia.

Rahmadani, Safitri. 2011. Alih Kode dan Campur Kode dalam Percakapan dalam Lingkungan Jurusan Bahasa Inggris di Universitas Indonesia. Depok.

Rezeki, Tri Indah. "Kontekstual Code Switching Dalam Seminar Proposal Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris." Jurnal Serunai Bahasa Inggris 10.2 (2018): 1-7.

Romaine S. 2000. Language in Society. An Introduction to Sociolinguistics. Second Edition. New York: Oxford University Press

Sagala, Rakhmat Wahyudin, Tri Indah Rezeki, and Busmin Gurning.

"Grammatical and Contextual Code Switching in the English Department Proposal Seminar." 3rd Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL 2018). Atlantis Press, 2018.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumarsono. 2004. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Downloads

Published

2019-10-13