MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA READING COMPREHENSION SISWA KELAS IX-2 DALAM TEXT NARRATIVE DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK JIGSAW

Dra Nurkhairani

Abstract


Penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran apakah dengan penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe teknik jigsaw dapat mempengaruhi dan meningkatkan minat,motivasi,dan kemampuan membaca dalam Reading Comprehension text narrative siswa kelas IX-2 MTS Negeri Binjai. Subjek penelitian ini adalah kelas IX-2 MTS Negeri Binjai yang berjumlah 40 orang siswa dengan 12 pria dan 28 wanita. Data yang diperoleh adalah dari hasil belajar siswa melalui tes kemampuan setelah prosesĀ  pembelajaran yang berbentuk tes uraian tertulis secara pribadi dan kegiatan aktivitas siswa dalam belajar melalui pengamatan observer dalam bentuk aspek-aspek penilaian yang berkaitan dengan tujuan pembelajaran membaca reading comprehension text narrative. Adapun pelaksanaan penelitian dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklus melalui tahapan perencanaan,pelaksanaan tindakan,observasi dan refleksi yang hasilnya dipaparkan dalam bentuk tabel dan uraian. Dari hasil analisis data pada siklus 1 aktivitas dan hasil belajar belum memuaskan,masih termasuk dalam kategori kurang mampu dengan tingkat pencapaian 56,21% dan hasil belajar dengn nilai 64,35 di kategorikan tidak tuntas.Pada siklus II sudah dimulai ada perubahan aktivitas belajar dengan kategori cukup tingkat pencapaian 63,73% dan hasil belajar dengan nilai rata-rata 63,07 dikategorikan tidak tuntas. Pada siklus III aktivitas belajar rata-rata sudah dikatakan mampu dengan kategori baik tingkat pencapaian 75,16% dan hasil belajar dapat dikatakan tuntas dengan rata-rata nilai 72,82. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dengan strategi atau teknik pembelajaran model jigsawdapat meningkatkan minat,motivasi,dan kemampuan belajar siswa membaca pemahaman pada text narrative.


Full Text:

PDF

References


Alexander.1988. Teaching Reading. London : Scott Foresman.

Arends,I.Richard. 1988. Leaning to Teach.Boston Inc.McGraw-Hill Companies.

Direktorat Pendidikan Dasar Dan Menengah Depdiknas.2004. Materi Pelatihan Terintegrasi Bahasa Inggris. Jakarta.Depdiknas.

Djjiwandono, Istiarto 2002 Strategi Membaca Bahasa Inggris Jakarta, Gramedia Pustaka

Farida, Rahim, 2005 Pengajaran Membaca di SD Jakarta Bumi Aksara.

Guntur Tarigan, Henry . 1989. Pengajar Kompetensi Bahasa. Bandung, Angkasa

Kunandar. 2007 Guru Pofesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikat Guru , Jakarta Raja Grafindo Persada

__________ 2008 Langkahan Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan, Jakarta, Raja Grafindo Persada

Lie, A, 2002. Cooperatif Learning (Memperaktekkan Cooperatif Learning di ruang-ruang kelas. Jakarta. Gramedia Widiasarana Indonesia

Lemlit Unimed 2008 Panduan Penyusunan Proposal Laporan Block Grand PTK

Untuk Guru. Medan Lem Lit

Sanjaya , W.2008. Strategi Pembelajaran Berstandart Proses Pendidikan, Jakarta.

Tampubulon Dp 1987. Kemampuan Membaca Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung. Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.37755/jsbi.v12i1.276

Refbacks



JSBI (Journal Serunai Bahasa Inggris) Sekolah Tingggi Keguruan dan Pendidikan

http://ejournal.stkipbudidaya.ac.id