PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA MTs NEGERI BINJAI

Dra. Hj. Nur Khairani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran think pair share untuk  meningkatkan aktivitas siswa MTs Negeri Binjai dan mendeskripsikan hasil belajar bahasa inggris siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran think pair share siswa MTs Negeri Binjai. Penelitian ini dilakukan dalam 2 (dua) siklus, yang terdiri dari 4 langkah yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, dengan indikator yang hendak dicapai yaitu kemampuan belajar siswa meningkat setelah dilakukannya sebuah tindakan. Berkaitan dengan hal tersebut, maka pada prosedur penelitian ini disajikan kegiatan pra tindakan dan kegiatan pelaksanaan tindakan. Kegiatan pelaksanaan tindakan memuat : Perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, tahapan pengamatan, tahap refleksi. Rata-rata hasil belajar siswa pada tes siklus I sebesar 71,75, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada tes siklus II adalah 88, dan terjadi peningkatan sebesar 16,25. Begitupun juga dengan ketuntasan belajar siswa yang mengalami peningkatan hingga 42,5%, dengan rincian ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah 37,5% dan ketuntasan belajar siswa pada siklus II adalah 80%. disimpulkan bahwa dengan meningkatnya aktivitas peneliti dalam menerapkan penggunaan media gambar dari siklus I ke siklus II dan kegiatan aktivitas siswa dari siklus 1 ke siklus II maka menjadikan kemampuan kosa kata Bahasa Inggris siswa mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris siswa kelas kelas VIl MTs Negeri Binjai.


Full Text:

PDF

References


Asvad, Azhar, Media Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Bina Aksara, 1989.

_____________, Prosedur penelitian Suatu Pendekaan Praktek, Jakarta Rineka Cipta, 1993.

_____________, et. all., Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2010.

Asnawir dan Basyirudin Usman, Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Press, 2002.

B. Miles Matthew dan Michael Huberman, Analisis Data Kualiatif, Tetj. Eyep Rohendi, UI-PRESS, 1992.

Fajri, FM Zul, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Jakarta: Difa Publisher, t.t.

Hamalik, Oemar, Media Pendidikan, Bandung: Citra Aditiya Bakti, 1989

_____________,,Teknik Pengukur Dan Evalusi Pendidikan, Bandung: Mandar Maju, 1989.

_____________, Media Pendidikan, Bandung: Citra Aditya Bakti, 1994.

Harjanto, Perencanaan Pengajaran, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006.

Hasan, Muhammad Tholchah et. all, Metodologi Penelitian Kualitatif, Malang. LPUIM, 2003.

Kunandar, Guru Profesional lmplementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: PT RajaGrafindo, 2009.

Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.

Muallifah, Ilun et. all., Perkembangan Peserta Didik Edisi Pertama, ttp: tp, 2008.

Mulyasa, E., Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.

_____________, Praktik Penelitian Tidakan Kelas, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009.

Naim, Ngainun, Menjadi Guru Inspiratif Memberdayakan dan Mengubah Jalan Hidup Siswa, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Nazir, Moh., Metode Penelitian, Jakarta: Ghalía Indonesia, 1988.

Purwanto Ngalim, Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga, Jakarta: Balai Pustaka, t.t.

R.Ibrahim & Nana Syaodah S., Perencanaan Pengajaran, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010.

Rohani, Ahmad, Media Intruksional Edukatif, Jakarta: PT Rineka Cipta, 1997.

Sadiman, Arief S. et. all., Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan. Dan Pemanfaatannya, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2008.

_____________, Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya, Jakarta: PT Raja Grafindo, 2009.

Saiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Sukmadinata, Nana Syaodih, Landasan Psikologzi Proses Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009.

Sanjaya, Wina, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Kencana, 2009.

Siswono, Tatag Yuli Eko, Mengajar dan Meneliti: Panduan Penilitian Tindakan Kelas untuk Guru dan Calon Guru, Surabaya: UNESA University Press, 2008.

Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005.

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2007.

Suyanto, Kasihani K.E., English For Young Learners, Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Usman, Moh Uzer, Menjadi Guru Profesional Edisi Kedua, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.

UU RI No. 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Sinar Grafika, 2008.

W., Sri Anitah, et all., Materi Pokok Strategi Pembelajaran SD, Jakarta: Universitas Terbuka, 2007

Wiriatmadja, Rochiati, Metodologi Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen, Bandung PT Remaja Rosdakarya, 2005.




DOI: https://doi.org/10.37755/jsbi.v12i1.277

Refbacks



JSBI (Journal Serunai Bahasa Inggris) Sekolah Tingggi Keguruan dan Pendidikan

http://ejournal.stkipbudidaya.ac.id