THE EFFECT OF USING PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) STRATEGY ON STUDENTS’ READING COMPREHENSION IN RECOUNT TEXT OF THE TENTH GRADE STUDENTS OF SMA SWASTA MELATI BINJAI
DOI:
https://doi.org/10.37755/jsbi.v13i2.526Abstract
Penelitian ini berkaitan dengan desain penelitian eksperimental yang mencari pengaruh strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terhadap pemahaman siswa dalam membaca teks recount. Sebanyak 60 siswa kelas X SMA Swasta Melati Binjai diambil sebagai subjek penelitian. Selain instrumen tes membaca yang dianalisis valid dengan melihat bahwa koefisien thitung (3,224) lebih besar dari koefisien ttabel (1,70113) dan juga dianalisis reliabel dengan melihat bahwa koefisien reliabilitas (0,682) lebih besar dari pada koefisien rtabel (0,3061); hal ini juga menunjukkan bahwa varians data antara kedua kelompok homogen dengan melihat bahwa koefisien Fhitung (1,138) lebih kecil dari koefisien yang sesuai pada Ftabel (2,55) serta melalui analisis uji-t koefisiennya tinggi dan signifikan dengan melihat bahwa koefisien thitung (2,555) lebih besar dari koefisien ttabel (1,70113). Artinya, ada pengaruh penggunaan strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terhadap pemahaman bacaan siswa pada teks recount. Dengan demikian hipotesis penelitian diterima.References
Ary, Donald; Jacobs, Lucy Cheser; Sorensen, Chris; Razavieh, Asghar. Introduction to Research in Education. Belmont: Wadsworth Cengage Learning, 2016.
Brown, H. Douglas (2017), Teaching by Principles: An Interactive Approach for
Language Pedagogy. New York: Prentice Hall Regent Englewood Cliffs.
Burners, Don; Glenda, Page (2015), Insight and Strategies for Teaching Reading. Brisbane: Brisbane College of Advanced Education Sydney.
Creswell, W. John (2018), Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (3rd Ed). New Jersey: Pearson Education.
Gay, L.R; Airasian, Peter (2016), Educational Research (6th Ed). New Jersey: Von Hoffmann Press.
Hartono (2019), Statistik untuk Penelitian.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hasibuan, Kalayo (2018), Teaching English as a Foreign Language (TEFL). Pekanbaru: Alaf Riau Graha UNRI Press.
Heaton, J.B (2016), Writing English Language Test. New York: Longman Group UK Limited.
Hornby, A.S (2015). Oxford Advanced Learner’s Dictionary of Current English. Oxford: Oxford University Press.
Jonathan, Crowrher Ed (2015). Oxford Advanced Learner’s Dictionary.4th Ed. New York: Oxford University Press.
Joseph, Understanding, Assessing, and Intervening on Reading Problems. (Bethesda, MD. National Association of School Psychologists. 2006) in http://ebookbrowse.com/gdoc.php?id=2 01331327&url=2c3bca1affd4478f1 3bb6854900c5809 taken on April 13, 2020.
Khalim, Abdul (2016), “The Effectiveness of Using the Islamic Stories in Increasing Students’ Interest in Learning English at the First year of MAN 1 Pekanbaruâ€. Pekanbaru: UIN Suska Riau.
Ningsih, Fitria (2017), “Penerapan Preview, Question, Read, Recite, Recite, and Review Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Bangkinangâ€. Pekanbaru: UIN Suska Riau.
Nunan, David (2016), Second Language Teaching and Learning. Boston: Heinle and Heinle.
Panjaitan, Efrini. The Effect of Fishbowl Strategy on Students’ Reading Comprehension at the Eleventh Grade of SMA Muhammadiyah 18 Sunggal in Academic Year 2019/ 2020. Binjai: Jurnal Serunai Bahasa Inggris STKIP Budidaya Binjai, Vol. 12, No. 1; Maret 2020.
Riansyah, Deden; Yultisa, Nudia. The Effect of Using REAP (Read, Encode, Annotate Ponder) Method on Students’ Reading Comprehension in Analytical Exposition Text of the Eleventh Grade of SMK Swasta Harapan Stabat in Academic Year 2019/2020. Binjai: Jurnal Serunai Bahasa Inggris STKIP Budidaya Binjai, Vol. 12, No. 1; Maret 2020.
Schreiner, Erin, How to Teach Recounts in English Class 5
http://www.ehow.com/how_6513563_t each-recounts-english-class.html.
Retrieved April 11, 2020.
Sudjono, Anas (2015), Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada.
Sugiono (2016), Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV. Alfabeta.
Susilo, Joko (2017), 6 Hari Jago SPSS 17.
Yogyakarta: Cakrawala.
Syafi‟i (2016), From Paragraph to a Research Report: A Writing of English for Academic Purposes. Pekanbaru: LBSI.
Syah, Muhibbin (2016), Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Press.
Syaifullah (2016), Intensive Reading. Pekanbaru: Pustaka Jaya.
Trianto (2015). Model-model Pembelajara Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Wassid, Iskandar; Sunendar, Dadang (2015), Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Remaja RosdaKarya