THE EFFECT OF COOPERATIVE LEARNING: GIVE ONE, TAKE ONE TECHNIQUE ON STUDENTS’ WRITING ACHIEVEMENT IN DESCRIPTIVE TEXT OF THE TENTH GRADE STUDENTS OF MAS AL WASHLIYAH 29 BINJAI INACADEMIC YEAR 2021/2022

Conny Conny

Abstract


Penelitian ini berkaitan dengan desain penelitian eksperimental yang bertujuan untuk mencari pengaruh pembelajaran koperatif: Teknik Give One, Take One terhadap pencapaian menulis teks deskriptif. Sebanyak 52 siswa kelas X MAS Al Washliyah 29 Binjai pada semester ganjiltahun ajaran 2021/2022 diambil sebagai sampel penelitian. Peneliti membuat instrumen; yaitu pre-test dan post-test. Peneliti memberikan tiga macam judul. Peneliti meminta siswa untuk memilih hanya satu judul yang diberikan. Mereka menulis teks deskriptif yang terdiri dari sekitar 50 kata dalam waktu sekitar 45 menit. Data akhir kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis Paired-Samples T Test menunjukkan bahwa signifikansi (sig) nilai 2-tailed 0.000000 lebih rendah dari taraf signifikansi (0.05) dan ditentukan bahwa koefisien thitung adalah 13.901 yang berarti lebih tinggi dari koefisien ttabel (2.05954) dengan taraf signifikansi (α) = 0.025 (2-tailed) dengan derajat kebebasan (df) = 25. Artinya ada pengaruh pembelajaran koperatif: Teknik Give One, Take One terhadap pencapaian menulis teks deskriptif pada siswa kelas X MAS Al Washliyah 29 Binjai pada semester ganjiltahun ajaran 2021/2022. Dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak.


Full Text:

PDF

References


Anderson, Mark and Kathy Anderson, 2013. Text Type in English 2. Melbourne: Macmillan Aducation Australia Pty. Ltd.

Brown, H. Douglas, 2013. Language Assessment Principles and Classroom Practices. Los Angeles: Longman.

Duxbury, J. G. and Tsai. 2015. L. The Effect of Cooperative Learning on Foreign Language Anxiety: A Comparative Study of Taiwanese and American Universities. International Journal of Instruction. Vol. 3, No. 1.

Fraenkel, W. John &Wallen, S. Stuart, 2017.Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (3rd Ed). New Jersey: Pearson Education.

Harmer, J. 2016.The Practice of English Language Teaching (3rd ed.). Essex: Longman.

Isaac, S. and Michael, W. B. 2016.Handbook and Research and Evaluation: for Education and the Behavioral Sciences. San Diego, California: EDITS Publishers.

Kagan, Y. P. 2014. Transforming Conventional Teaching Classroom to Learner-CentredTeaching Classroom Using Multimedia-Mediated Learning Module. International Journal of Information and Education Technology. Vol. 6 No. 2.

Pardiyono. 2017. Teaching Genre Based Writing. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Sugiyono. 2015.MetodePenelitianKuantitatifKualitatifdan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37755/jsbi.v14i2.670

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JSBI (Journal Serunai Bahasa Inggris) Sekolah Tingggi Keguruan dan Pendidikan

http://ejournal.stkipbudidaya.ac.id