TELAAH SOSIOLOGI SASTRA TERHADAP NOVEL “DINDING RETAK” KARYA LEGINO JR : DITINJAU DARI ASPEK SOSIAL DAN EKONOMI

Authors

  • Dina Pasaribu STKIP BUDIDAYA BINJAI
  • Sri Ulina Ginting STKIP BUDIDAYA BINJAI
  • Sri Ulina Ginting STKIP BUDIDAYA BINJAI
  • NURUL HASANAH STKIP BUDIDAYA BINJAI

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsbi.v21i1.1247

Keywords:

Sosiologi, Karya Sastra, Novel, Aspek Sosial dan Ekonomi.

Abstract

Aspek sosial merupakan telaah yang objektif dan ilmiah tentang manusia dalam masyarakat dan proses sosialnya. Aspek sosial menelaah cara masyarakat bertumbuh dan berkembang. Ekonomi adalah perubahan yang terjadi pada kehidupan keluarga, masyarakat dalam memenuhi berbagai kebutuhan hidup. Dibalik usaha dalam mengembangkan derajat hidupnya ada persoalan-persoalan tentang upaya manusia memenuhi kebutuhan dan pola kehidupannya. Seperti halnya kisah dalam sebuah karya sastra, terdapat berbagai macam proses sosial yang terjalin antara tokoh yang satu dengan tokoh lainnya. Proses tersebut mengandung berbagai aspek sosial dan ekonomi. Untuk mendapatkan data sebagai kunci pemecahan masalah, peneliti menganalisis menggunakan kajian sosiologi sastra. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan metode deskriptif analisis untuk mendeskripsikan data yang diperoleh dari novel. Instrumen yang digunakan pedoman analisis aspek sosial dan ekonomi yang merujuk kepada teori John Hall dalam Faruk. Dari hasil analisis data menggunakan analisis deskriptif, dan kajian sosiologi sastra, peneliti menyimpulkan bahwa novel “Dinding Retak” karya Legino Jr, memaparkan proses sosial yang terjalin antar tokoh sehingga menimbulkan berbagai aspek sosial dan ekonomi. Aspek sosial dan ekonomi tersebut tidak hanya dialami oleh Syamsuddin dan Arifin sebagai tokoh utama, melainkan semua tokoh yang terlibat dalam novel. Aspek sosial dan ekonomi yang menjadi fokus penelitin dalam novel “Dinding Retak” karya Legino Jr terdiri atas enam bagian, yaitu moral, etika, keadaan ekonomi, cinta kasih, ketaatan beragama, dan latar belakang pendidikan.

Author Biographies

Sri Ulina Ginting, STKIP BUDIDAYA BINJAI

PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

Sri Ulina Ginting, STKIP BUDIDAYA BINJAI

PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

NURUL HASANAH, STKIP BUDIDAYA BINJAI

PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

References

Faruk. 2010. Pengantar Sosiologi Sastra : dari Strukturalisme Genetik sampai Post-Modernisme. Yokyakarta :Pustaka Belajar.

Angela, Elvandini. Dkk. 2021. Peran Pembelajaran Dan Problematika Yang Ada Dalam Sistem Full Day School Di SMA Negeri 1 Selesai Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat. Dalam Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan. Vol 10,No.1,Maret 2021, Hlm.2.

Jr, Legino. 2021. Dinding Retak. Yogyakarta: Deepublish.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Jakarta: Balai Pustaka.

Moleong, Lexy. 2019. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, Burhan. 2017. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ratna, Nyoman Kutha. 2015. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Safari, Dede Muhtar. 2018. “Novel Belantik Karya Ahmad Tohari Pendekatan Sosiologi Sastra”. Dalam Jurnal Bindo Sastra, Vol. 2, No. 1, 2018, hlm.183-187.

Sidiqin, M Ali, Dkk. 2022. Konflik Batin Tokoh Utama Gita Dalam Novel Rentang Kisah Karya Gita Savitri Devi: Kajian Psikologi Umum Sebagai Pengembangan Bahan Ajar Sastra. Dalam jurnal Serunai Bahasa, Vol 19, No. 1, Maret 2022, hlm. 38.

Soekanto, Soerjono. 2019. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Waluyo, H. J. 1994. Pengkajian Cerita Fiksi. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Downloads

Published

2024-03-24