KELAYAKAN GABI (GAME ANDROID BAHASA INDONESIA) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIPA BERBASIS DIPLOMASI BUDAYA (SURVEI DI AN GIANG UNIVERSITY VIETNAM)
Keywords:
Android, BIPA, Game, Media PembelajaranAbstract
Masalah pada penelitian ini adalah penggunaan media GABI (Game Android Bahasa Indonesia) belum dapat diterapkan diberbagai Universitas, hanya universitas tertentu yang dapat menggunakan media pembelajaran GABI (Game Android Bahasa Indonesia), dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menyumbangkan pengetahuan untuk pengajuan penggunakan bahasa asing dalam materi pengajaran terutama dalam bahasa Indonesia terkait evaluasi GABI (Game Android Bahasa Indonesia) sebagai alat bantu pembelajaran BIPA berbasis diplomasi budaya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kelayakan GABI (Game Android Bahasa Indonesia) sebagai media pembelajaran BIPA serta media diplomasi budaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode statistik deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan meyabrkan kuesioner pada mahasiswa pembelajar BIPA di Universitas Vietnam serta Validator mengisi angket ahli media dan materi. Hasil dari penelitian ini bahwa kelayakan GABI (Game Android Indonesia) memiliki hasil analisis presentase ahli media 80% dan ahli materi 89% dan dari kriteria skala rikert termasuk dalam presentasi samgat layak. Pada uji normalitas memiliki nilai signifikansi 0,904 > 0,05 maka nilai berdistribusi normal dan berdasarkan uji homogenitas diketahui nilai signifikansi 0,632 > 0,05 maka nilai data tersebut homogen atau sama. Pada diplomasi budaya bahwa GABI (Game Android Indonesia) memiliki hasil analaisis diplomasi budaya dengan presentase 89% sehingga layak sebagai media diplomasi budaya.References
Aulia, H. R., & Pramitasari, a. (2017). Efektivitas game android bahasa indonesia (gabi) terhadap penguasaan kalimat efektif pada mahasiswa universitas pekalongan. Pena: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, 31(2), 1-6.
Aulia, H. R., Pramitasari, A., & Setyarum, A. (2023). Analisis Kebutuhan GABI (Game Android Bahasa Indonesia) Berbasis Kearifan Lokal dalam Pembelajaran BIPA. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 10(2), 183-187.
Azzah, I. H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Magazine Ekowisata Indonesia Pada Pembelajaran Bipa Tingkat Dasar.
Mafazah, N. (2019). Pengembangan media flashcard kosakata dasar untuk penguasaan kosakata bahasa indonesia siswa kelas vii ansoriyah wittaya school, chana district, thailand tahun ajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surabaya).
Maulana, A., Mulyaningsih, I., & Itaristanti, I. (2022). Pengembangan media pembelajaran BIPA tingkat dasar berbasis web. Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (JBIPA), 4(2), 134-156.
Muchson, M., & MM, S. (2017). Statistik Deskriptif. Spasi Media.
Ratnasari, S. A. D. (2021). Pengembangan media pembelajaran menyimak bahasa indonesia menggunakan adobe flash cs5 untuk pemelajar bipa tingkat lanjut di bipa universitas islam malang. NOSI, 9(1).
Salama, P., & Kadir, H. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran BIPA Berbasis Budaya. Jambura: Journal of Linguistics and Literature, 3(1), 91-99.
Sri Sujarwati (2011). Validitas dan reliabilitas instrument penelitian. Skripsi Univeritas Negri Jakarta, hal. 1-2.
Tambani, A., Mahastri, A. N., Samuel, A. U., & Maramis, J. B. (2022). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Kerja Karyawan Bakso Campur Di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(4), 2030-2039.
Downloads
Published
Versions
- 2024-07-25 (2)
- 2024-07-25 (1)