PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Authors

  • R. Maisaroh Rezyekiyah Siregar STKIP Budidaya Binjai

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsm.v11i1.110

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap pemahaman konsep matematis. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Abdi Negara Binjai Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan design penelitian pretest posttest control group design. Teknik pengambilan sempel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik simple random sampling, dari teknik tersebut diambil 2 kelas yang akan dijadikan sempel, yaitu kelas X-TSM sebagai kelas eksperimen dan kelas X-AP sebagai kelas kontrol. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji Liliefors untuk menguji normalitas data dan uji Fisher untuk menguji homogenitas data. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap pemahaman konsep matematis siswa di kelas X SMK Swasta Abdi Negara Binjai Tahun Pelajaran 2018/2019.

Author Biography

R. Maisaroh Rezyekiyah Siregar, STKIP Budidaya Binjai

Pendidikan Matematika

References

Azis, Abdul. dkk..Penerapan Model PembelajaranKooperatifDenganMemanfaatkanAlatPeragaSainsFisikaUntukMeningkatkanHasildanKerjasamaSiswa.JurnalPend.Fisika Indonesia: Vol. 4 No. 2. 2006

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Puspita, Eka. 2017. PengaruhKemampuanPemahamanKonsepMatematikaMahasiswaMelaluiMetodePembelajaran Learning Starst Whit A Question,JurnalMosharafa: Vol. 6 No. 1. 2017.

Rusyda, Nurul Afifa dan Sari, Septiani Dwi. 2017. PengaruhPenerapan Contextual Teaching And Learning TerhadapKemampuanPemahamanKonsepMatematisSiswa SMP PadaMateriGaris Dan Sudut.JurnalPendidikanMatematika. No. 1. 2017.

Shoimin, Aris. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2008.

Downloads

Published

2019-05-06