PENGEMBANGAN E-MODUL REALISTIC MATHEMATICS KONTEKS TABUT BENGKULU UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI BANGUN DATAR
DOI:
https://doi.org/10.37755/jsm.v16i1.784Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan efektifitas e-modul berbasis realistic mathematics konteks tabut Bengkulu untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Jenis penelitian merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE dengan tahapan; Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 79 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian adalah lembar angket dan tes pemahaman konsep bangun datar. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif yaitu analisis validitas dan statistik infransial dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Kemampuan pemahaman konsep bangun datar siswa menunjukkan bahwa rata-rata pembelajaran menggunakan e-modul model realistics mathematics menggunakan tabut Bengkulu lebih tinggi dari siswa tanpa menggunakan e-modul.References
Adiarta, A., Divayana, D. G. H., dan Suyasa, D. W. A. (2018). Pelatihan Pembuatan Buku Digital Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Bagi Gurut di SMK TI Udayana. Jurnal Abdima Dewantara. ISSn. 2615-8728. 1(2). 31.
Enterprise, J. (2021). Desain Grafis dengan Canva untuk Pemula. Jakarta: PT. Gramedia.
Fausih. M, & Danang. T. (2015). Pengembangan Media E-Modul Mata Pelajaran Produktif Pokok Bahasan Instalasi Jaringan LAN (Local Area Network) untuk Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Komputer Jaringan Di SMK Negeri 1 Labang Bangkalan Madura. Jurnal Teknologi Pendidikan. 1(1). 1-9.
Harefa, N. (2020). Improvement Of Student’ S Learning Outcomes and Motivation With Chemical Practicum E-Module. Jurnal Pendidikan Kimia. 1. https://doi.org/10.24114/jpkim.v12i1.17708
Hariadi, Refisrul, dan Arios. L. R. (2014). Investarisasi Perlindungan Karya Budaya Bengkulu Tabut. Padang: Balai Pelestarian Nilai Budaya.
Isrok’atun & Amelia, R. (2018), Model-model Pembelajaran Matematika, Jakarta: PT Bumi Aksara.
OECD. (2018). PISA Draft Mathematics Framework. Paris: OECD Publishing.
Piaget, J & Barbel I. (2010). Psikologi Anak. Ter. Miftahul Jannah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sari, A., & Suci, Y. (2018). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika. ISSN. 2579-9258. 2(2). 72-80.
Sarwoedi, Marinka. D.O., Febriani. P, & Wirne. I.N. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. ISSN. 2615-8752. 3(2). 171-176.
Sundayana, R. (2016). Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Susanta, A., Koto, I., & Susanto, E. (2022). Teachers' Ability in Writing Mathematical Literacy Module Based on Local Context. Education Quarterly Reviews, 5(3), 173-179.
Susanta, A., Sumardi, H., & Zulkardi, Z. (2022). Development of E-module Using Bengkulu Contexts to Improve Literacy Skills of Junior High School Students. Jurnal Pendidikan Matematika, 16(2), 171-186
Susanta, A., Susanto, E., & Rusdi, R. (2021). Pelatihan pembuatan alat peraga matematika kreatif berbahan kertas bekas untuk Guru MI Humairah Kota Bengkulu. Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 19(1), 1-12.
Susilowati. E. (2018). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa SD Melalui Model Realistic Mathematic Education (RME) Pada Siswa Kelas IV Semester I di SD Negeri 4 Kradenan Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal PINUS. ISSN. 2442-9163. 4(1). 44-53.
Ulya. H, & Rahayu. R. (2017). Pembelajaran Etnomatematika Untuk Menurunkan Kecemasan Matematika. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika. ISSN. 2548-1819. 2(1). 16-23.
Wahyuni. (2013). Peran Etnomatematika Dalam Membangun Karakter Bangsa. Makalah Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, Prosiding Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.
Winarni, E.W. (2018) Teori Dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
Versions
- 2024-05-13 (3)
- 2024-05-13 (2)
- 2024-05-13 (1)