TELAAH KEBIJAKAN PROGRAM PROFIL PELAJAR PANCASILA KURIKULUM MERDEKA DALAM SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL

Authors

  • Usman Alhudawi Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan dan Pendidikan Budidaya Binjai
  • Ernawati Simatupang Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong
  • Azril Khairuddin Universitas Negeri Medan

Abstract

Pendidikan adalah salah satu cara manusia untuk “bertahan hidup” agar dapat beradaptasi dengan perubahan zaman yang begitu pesat. Setiap individu berhak mendapatkan pendidikan yang layak. Di Indonesia, pendidikan tercantum dalam Undang- Undang No. 20 Tahun 2003 yang bertujuan untuk mengembangkan potensi siswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, cakap, kreatif, mandiri, berakhlak mulia, sehat, berilmu, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut, diperlukan alat perantara yaitu kurikulum. Artikel ini menjelaskan secara spesifik terkait kebijakan kurikulum merdeka belajar dari program profil pelajar pancasila dalam sistem pendidikan nasional dari berbagai sumber literatur. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini juga menggunakan studi literatur dengan teknik pengumpulan data kualitatif berupa studi pustaka (literatur). Sementara itu, proses analisis data yang digunakan adalan reduksi data, display data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil menunjukkan bahwa dari hasil telaah yang peneliti kaji dari sumber literatur tentang kebijakan program profil pelajar pancasila kurikulum merdeka belajar dan sistem pendidikan nasional bahwa programnya sudah berjalan dengan baik namun belum optimal atau masih belum sempurna karena masih banyak sekolah-sekolah menjadikan program profil pelajar pancasila melalui kurikulum merdeka menjadi opsi pilihan kedua dan masih menerapkan kurikulum sebelumnya yaitu kurikulum 2013. Kata Kunci: Progam Profil Pelajar Pancasia, Merdeka Belajar dan Sistem Pendidikan Nasional

Published

2023-10-31