PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS VIII MTsS NURUL FURQOON KOTA BINJAI
PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS VIII MTsS NURUL FURQOON KOTA BINJAI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas VIII MTsS Nurul Furqoon Kota Binjai. Jenis penelitian Deskriptif Kuantitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, angket (kuesioner) dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII MTsS Nurul Furqoon Kota Binjai dengan jumlah 128 orang siswa yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 20 orang siswa yang diambil dari 15% dari jumlah populasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif statistik dengan perhitungan product moment. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas VIII MTsS Nurul Furqoon Kota Binjai. Kompetensi pedagogik guru mempengaruhi hasil belajar PPKn siswa kelas VIII MTsS Nurul Furqoon Kota Binjai sebesar 65,28%. Nilai rhitung lebih besar dari pada nilai rtabel (rhitung˃rtabel) atau 0,808 ˃ 0,4227 dimana rtabel pada n= 20 pada taraf kesalahan 5% adalah 0,4227. Hasil Penelitan dengan menggunakan uji t diperoleh thitung= 5,63 dengan harga ttabel= 2,10092 karena thitung lebih besar daripada ttabel(5,63˃2,10092) pada taraf signifikan 5% pada derajat kebebasan (dk) = n-2=(20-2=18) sehingga, hipotesis alternatif yang menyatakan terdapat pengaruh signifikan pada kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas VIII MTsS Nurul Furqoon Kota Binjai dapat diterima. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Hasil Belajar.Downloads
Published
2023-10-31 — Updated on 2024-03-21
Versions
- 2024-03-21 (2)
- 2023-10-31 (1)
Issue
Section
Articles