PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP SIKAP TOLERANSI SISWA DI SMP NEGERI 1 SECANGGANG
DOI:
https://doi.org/10.37755/jspk.v13i1.1260Keywords:
pengaruh, ppkn, sikap toleransiAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan terhadap sikap toleransi siswa di SMP Negeri 1 Secanggang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang mengukur proses pembelajaran PPKn dan sikap toleransi siswa SMP Negeri 1 Secanggang. Sampel penelitian ini, yaitu 67 orang siswa siswa SMP Negeri 1 Secanggang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Secanggang dinilai baik. Meskipun demikian, tingkat sikap toleransi siswa di SMP Negeri 1 Secanggang masih cenderung rendah. Meski begitu, hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi kurang dari 0,05, yakni 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan terhadap sikap toleransi siswa di SMP Negeri 1 Secanggang. Oleh sebab itu, guru PPKn agar lebih optimal dalam mengimplementasikan pembelajaran PPKn sehingga dapat meningkatkan sikap toleransi siswa.References
Abdulatif, iS., i& iDewi, iD. iA. i(2021). iPeranan iPendidikan iKewarganegaraan iDalam iMembina iSikap iToleransi iAntar iSiswa. iJurnal iPendidikan idan iPengajaran iGuru iSekolah iDasar, i4(2), i103-109.
Anggraini, iR., i& iWibawa, iS. i(2019). iPeran iGuru iPendidikan iKewarganegaraan iDalam iPenerapan iEtika iDan iMoral iPeserta iDidik iDalam iLingkungan iFormal iDi iSmk iNegeri i1 iStabat iTahun iPelajaran i2018/2019. iJurnal iSerunai iPancasila idan iKewarganegaraan, i8(2), i151-157.
Darwis, iA. i(2020). iPendidikan iKarakter: iKonsep, iStrategi, idan iImplementasi iKomprehensif. iBanyumas: iPena iPersada.
Fauzy, iA., idkk., i(2022). iMetodologi iPenelitian. iBanyumas: iPena iPersada.
Gilang, iW., iSupentri, iS., i& iHardian, iM. i(2023). iPengaruh iPembelajaran iPPKn iTerhadap iPembentukan iKarakter iDisiplin iSiswa iDi iSMPN i4 iKampar iKiri iTengah. iJurnal iPenelitian idan iIlmu iPendidikan, i4(1), i1-10.
Ismail, iI., i& iFahmi, iF. i(2017). iInternalisasi iSikap iKeberagamaan iSejak iAnak iUsia iDini. iJurnal iPendidikan iIslam iAnak iUsia iDini, i1(1), i1-20.
Saputra, idkk. i(2017). iBuku iSiswa: iPendidikan iKewarganegaraan i— iStudi idan iPengajaran iUntuk iSMP/MTs iKelas iVIII. iJakarta: iKementerian iPendidikan idan iKebudayaan.
Sarbaini, iW., i& iPerangin-Angin, iR. iB. iB. i(2023). iPengembangan iLembar iKerja iPeserta iDidik iBerbasis iProblem iBased iLearning iuntuk iMeningkatkan iHasil iBelajar iPPKn ipada iKelas iVII iSMP iIT iBina iInsan iBatang iKuis i2022/2023. iDidaktika: iJurnal iKependidikan, i12(3), i391-402.
Supriadi, iE., iAjib, iG., i& iSugiarso, iS. i(2020). iIntoleransi idan iRadikalisme iAgama: iKonstruk iLSM itentang iProgram iDeradikalisasi. iJurnal iSosiologi iWalisongo, i4(1), i53-72.
Zebua, iS., iTafonao, iT., iDewi-Lidya, iS., iSinaga, iE., i& iLahagu, iA. i(2021). iGuru iPendidikan iAgama iKristen iSebagai iUjung iTombak idalam iMenekan iTerjadinya iIntolerasi idi iAntara iSiswa idi iSekolah. iJurnal iTeologi iSistematika idan iPraktika, i4(2), i245-261.