PENGARUH PENERAPAN TATA TERTIB SEKOLAH TERHADAP TINGKAT KEDISIPLINAN SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 4 KOTA BINJAI

Authors

  • Luthfiyah Auliah STKIP BUDIDAYA
  • Usman Alhudawi Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan dan Pendidikan Budidaya Binjai
  • Dalan E Bangun STKIP BUDIDAYA

Keywords:

kedisiplinan, tata tertib

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan tata tertib sekolah berdampak terhadap tingkat kedisiplinan siswa kelas X di SMA Negeri 4 Kota Binjai. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 4 Kota Binjai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peraturan sekolah mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kedisiplinan siswa di sekolah.Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen angket yang berjumlah 35 siswa, guru dan siswa. Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa persentase hasil angket pelaksanaan peraturan sekolah di SMA Negri 4 Kota Binjai sebesar 75%, dan pelaksanaan peraturan sekolah di SMA Negri 4 Kota Binjai tergolong baik. Hasil survey kedisiplinan siswa di SMA Negeri 4 Kota Binjai. Kedisiplinan siswa di SMA Negeri 4 Kota Binjai tergolong tinggi dengan persentase sebesar 71%.

References

Alhudawi, Usman, dan Sujastika Ismi. 2020. Pendidikan Hukum Masyarakat Melalui Kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi. Jurnal Kewarganegaraan. 17. (1). 11-26

Amanatun, 2015. Pengaruh Implementasi Tata Tertib Sekolah terhadap Sikap Disiplin Siswa.Salatiga: STAIN

Ardi, Ardian. 2019. Pengaruh Penerapan Tata Tertib Sekolah Terhadap Tingkat Kedisiplinan Siswa Kelas X SMA Persiapan Stabat Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan. Vol.8, (1).

Bangun, Dalan Ersada. Dkk. 2022. Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Mata Pelajaran PKn Terhadap Minat Belajar Peserta Didik di Kelas VII di SMP Negeri 5 Binjai Tahun Pelajaran 2021-2022. Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan. Vol. 11. (2). 31-36.

Handianti. Leli Siti, 2008. Pengaruh Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut. 02. (1). 1-8.

Hatmako, Dwi Aloysius. 2013. Pengaruh Tingkat Kedisiplinan Terhadap Tata Tertib Sekolah, SMA N 1 Temon Kulon Progo. Skripsi. Universitas Sanata Dharma.

Mulyasa, E. 2013. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mustari,Mohamad.2014.Nilai karakter Refleksi untuk Pendidikan.Jakarta: rajawali Pers.

Suryosubroto.2016. Menejemen pendidikan sekolah. Jakarta: PT Reneka Cipta.

Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan.

Wahono, Margi dan Priyanto, AT. Sugeng. 2017. Implementasi Budaya Sekolah Sebagai Wahana Pengembangan Karakter Pada Diri Siswa. Integralistik. (2). 140-147.

Downloads

Published

2024-03-29