PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MENGEMBANGKAN SOFT SKILL SISWA DI SMP NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN
DOI:
https://doi.org/10.37755/jspk.v13i1.1267Keywords:
Independent Curriculum, Project for Strengthening Pancasila Student Profiles, Soft skillsAbstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui soft skill siswa yang dikembangkan dalam pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar Pancasila. Problematika pembelajaran jarak jauh masih dirasakan hingga saat ini terlihat sekolah membutuhkan penyesuaian dalam kegiatan pembelajaran dengan lingkungan sekolah. Efek dari dilaksanaknnya pembelajaran jarak jauh yang didominasi tidak terlepas dari pengaruh google untuk memudahkan siswa mengerjakan segala tugas tanpa membuat siswa berpikir kritis termasuk dalam pembelajaran berbasis Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang mengakibatkan menurunnya keseriusan siswa dalam pengimplementasian . P5 merupakan sebuah pendekatan pembelajaran melalui kegiatan proyek dengan tujuan utama mencapai dimensi profil pelajar Pancasila untuk membangun karakter dan soft skill peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data penelitian melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diolah melalui tahapan teknik analisis data yakni reduksi data, penyajian data hingga sampai pada proses penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan kegiatan Projek Penguatan Profil Pancasila di SMP N.1 Percut Sei Tuan secara umum telah berdampak kepada pengembangan karakter dan pengembangan soft skill siswa, hal ini terbukti dengan keberhasilan sekolah tersebut atas program kegiatan yang telah dilaksanakan untuk menempatkan siswanya untuk melakukan suatu kegiatan yang mengarah pada kemampuan berkomunikasi, berpikir kritis, kreatif dan kolaboratif yang dilakukan langsung dengan praktik di lapangan, seperti pemilihan ketua OSIS, praktik wirausaha dengan mengolah hasil laut dan proses diskusi di kelas siswa dilatih untuk bekerjasama dengan sesama teman dan rekan kerjanya. ABSTRACT This research aims to determine students' soft skills that were developed in the implementation of the project to strengthen the Pancasila student profile. The problems of distance learning are still being felt until now, it seems that schools need to adapt learning activities to the school environment. The essence of learning, which used to be inseparable from the influence of Google, which made it easier for students to do all tasks without making students think critically, was included in learning based on the Strengthening Pancasila Student Profile (P5) Project which resulted in a decrease in students' seriousness in implementing it. P5 is a learning approach through project activities with the main aim of achieving the dimensions of the Pancasila student profile to build students' character and soft skills. This research uses a descriptive qualitative approach. Collecting research data through interviews, observation and documentation. The data obtained is then processed through stages of data analysis techniques, namely data reduction, data presentation until arriving at the conclusion/verification process. The results of the research show that the implementation of the Pancasila Profile Strengthening Project activities at SMP N.1 Percut Sei Tuan has generally had an impact on character development and the development of students' soft skills, this is proven by the school's success in the activity program that has been implemented to place its students to carry out an activity. which leads to the ability to communicate, think critically, creatively and collaboratively which is carried out directly through practice in the field, such as the election of the OSIS chairman, entrepreneurial practice by processing marine products and the discussion process in class. Students are trained to collaborate with fellow friends and co-workers.References
Abubakar, Rifa’i. 2021.Antasari Press. Pengantar Metodologi Penelitian.
Adawiyah, Dkk. 2019. “Pengaruh Supervisi Akademik dan Kerjasama Tim Terhadap Efektivitas Kerja Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Bekasi.” Jurnal Visipena 10(2):254–70.
Advertorial. 2021. “Siswa Indonesia Darurat soft Skill, Gandeng Foundatin Luncurkan Program Solutif.” Kompas.com. Diambil 8 Februari 2023 (https://amp.kompas.com/biz/read/2021/11/27/080000828/siswa-indonesia-darurat-soft-skill-gandeng-foundation-luncurkan-program-solutif).
Africa, University of South. 2015. “University of South Africa.” Unisa. Diambil (https://www.unisa.ac.za/sites/corporate/default/Register-to-study-throught-unisa/Subjects-&-).
Anggraini, Isti. 2017. Profil soft skill siswa pada model pembelajaran project based-learning ( pjbl ).
Arisena, Gede Mekse Korri. 2017. Diktat Kewirausahaan. Vol. 53.
B.Ujang Cepi, S. Siti, R. Puji. 2022. “IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN.” Journal of Educational and Language Research 1(12):2105–18. doi: 10.21608/pshj.2022.250026.
Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. 2022. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Dermawan, Deni. 2021. Dinamika Riset Kualitatif: Diskusi Praktis & Contoh Penerapannya. Pertama. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hamdani, Suprapno Khoirurrijal Fadriati Sofia M. Anisa Dwi Sunaryo Gandi M. Abdul Tajeri Ali Fakhrudin. 2022. Pengembangan Kurikulum Merdeka. Vol. 13. pertama. Literasi Nusantara.
Harahap, Nursapia. 2020. Penelitian Kualitatif. Cetakan pe. Med: Wal ashri Publishing.
Hardani. 2020. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu Group.
Haryono, Cosmas Gatot. 2020. Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi. Pertama. Jawa barat: CV. Jejak.
Illah, Saillah dkk. 2008. Pengembangan Soft Skills dalam proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Iswari, Dewi Retno et al. 2022. “Analisis Kemampuan Berkomunikasi Siswa Kelas Iv Di Sd Bulungcangkring Selama Pembelajaran Daring.” Jurnal Prasasti Ilmu 2(1):42–47. doi: 10.24176/jpi.v2i1.7181.
J, Moon. 2007. Critical Thinking: An exploration of theory and practise. London: England Routlede.
Kemendikbudristek. 2022a. “Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka.” Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi 9–46.
Kemendikbudristek. 2022b. Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka.
Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi. 2021. “Program Sekolah Penggerak.” Kemdikbud.go.id. Diambil 30 Januari 2023 (https://psp-web.pauddikdasmen.kemdikbud.go.id/#/home).
Murdiyanto, Eko. 2020. ’Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif).
Narmoatmodjo. 2010. “Life Skill di Sekolah Dasar kebijakan dan Aktualisasinya.” Jurnal pendidikan.
Pusparatri, Retno Kuning Dewi. 2012. “Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.” Jurnial ilmiah Guru “COPE” XVI(02):26–35.
S. Aminah, Roikan. 2019. Pengantar Metode Penelitian Kualitatif Ilmu Politik. Jakarta: Kencana.
Sabbireuen, Pusdatin. 2021. “Pentingnya Pengembangan Soft Skills Sejak Dini.” Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe. Diambil 6 Juni 2023 (https://bireuen.sukmabangsa.sch.id/pentingnya-pengembangan-soft-skills-sejak-dini/).
Samsu. 2017. Metode penelitian: teori dan aplikasi penelitian kualitatif, kuantitatif, mixed methods, serta research & development.
Sandu Siyoto, Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Cetakan 1. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sharma, Archna. 2009a. “Importence of Soft Skill Development in Education.” School of Educators.
Sharma, Archna. 2009b. “Importence of Soft Skill Development in Education.” School of Educators.
Simanjuntak, Mery Fransiska, dan Niko Sudibjo. 2019. “Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah [Improving Students’ Critical Thinking Skills and Problem Solving Abilities Through Problem-Based Learning].” JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education 2(2):108. doi: 10.19166/johme.v2i2.1331.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Suhardjono, Riyanto Haribowo. 2022. Buku Ajar soft Skill dan Kepemimpinan. Yogyakarta: Nas Media Pustaka.
Totok Suprayitno, Dkk. 2020. Kajian Pengembangan Profil Pelajar Pancasila. 1 ed. Jakarta: Badan Penelitiann dan Pengembangan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Union, European. 2019. “Key Competences For Lifelong Learning.” Publications Office of the European Union. Diambil (https://op.europa.eu/en/publication-detail/-/publication/297a33c8-a1f3-11e9-9d01-01aa75ed71a1/language-en).
Vanisha, Dinda A. Y. U. 2022. “Analisis Keterlaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Tema (kearifan lokal) Kelas IV Di SD Muhammadiyah 4 Batu.” 1–67.
Warni Tune Sumar, Intan Abdul Razak. 2016. Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Soft Skill. Pertama. Yogyakarta: Deepublish.
Wathoni, Nurlaili. 2021a. “Pengembangan Karakter Dan Soft Skill Siswa Melalui Budaya Sekolah Di SMK Negeri 41 Jakarta.” Institut PTIQ Jakarta.
Wathoni, Nurlaili. 2021b. “Pengembangan Karakter Dan Soft Skill Siswa Melalui Budaya Sekolah Di SMK Negeri 41 Jakarta.” Institut PTIQ Jakarta.
Downloads
Published
Versions
- 2024-03-30 (2)
- 2024-03-30 (1)