HUBUNGAN SIKAP DALAM UPACARA BENDERA DENGAN RASA NASIONALISME DALAM PELAJARAN PPKn PADASISWA KELAS X SMK PELITA HAMPARAN PERAK TAHUN PELAJARAN 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.37755/jspk.v8i2.193Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan upacara bendera dengan rasa nasionalisme pada mata pelajaran PPKn  tauhn pelajaran 2018/2019. Penelitian ini  dilakukan di SMK Pelita Bulu Cina. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah kelas X yang berjumlah 60 siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian  kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket. Dengan adanya upacara bendera diharapkan cinta tanah air pada peserta didik dapat terbentuk dan menjadikan bangsa yang berakhlak mulia, bermoral, beretika, berbudaya, beradab berdasarkan Pancasila sehingga menjadikan bangsa yang berkarakter. Dapat disimpulkan bahwaHasil penelitian sebanyak 60 siswa yang mempunyai tingkat hubungan yang cukup baik atau sedang. Hal ini menunjukkan bahwa untuk memperoleh hubungan upacara bendera lebih dari cukup diperlukan rasa Nasionalisme yang tinggi. Dari hasil thitung sebesar 2,45 > ttabel = 1,71). Yang berarti ada hubungan yang signifikan antara upacara bendera dengan rasa Nasionalisme siswa pada pelajaran PKn. Ini berarti bahwa hubungan upacara dengan nasionalisme yang baik selain adanya rasa nasionalisme yang cukup, baik dan sangat baik, juga didukung oleh adanya disiplin sekolah yang ketat dan konsisten, dan perilaku yang baik.References
Arikuto Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta
, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta
Aprian, An-Nissa, 2017. Pengaruh Living Values Education Program (LVEP) Terhadap Penanaman Karakter Nasionalisme Siswa SD Dalam Pelajaran Tematik, Jurnal Taman Cendikia,
Cahyono, 2016 Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PKn diSMK Pasundan 1 Subang, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Daryono, M, dkk. 2008. Pengantar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Rineka Cipta.
Dimyati, Mudjiono, 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta, Rineka Cipta.
. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta, Rineka Cipta.
Hakim, Lukman, Nul, 2014.“Upacara Bendera Dan Nasionalisme, Pusat Pengkajian Pengolahan Data Dan Informasi,
Harsono, Sonny,2014/2015 Peningkatan Sikap Nasionalisme Melalui Pembelajaran Ips Dengan Menggunakan Metode Sosiodrama Pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Imogiri Bantul, Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Universitas PGRI Yogyakarta,
Ihsan, 2014, Kecenderungan Global Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Disekolahâ€. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan.
Kaelan, H. Achmad Zubaidi. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan. Paradigma, Yogyakarta
.
Mahmuda, Nurul, 2016, Sikap Santri Terhadap Kesehatan Produksi Remaja di Pondok Pesantren Putri Al Manaar Muhammadiyah I Pemalangâ€.
Permendikbud No. 23 Tahun 2015 tentang Penanaman Budi Pekerti
Pidarta, Made, 2009, Landasan Kependidikan : Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia, Rineka Cipta, Jakarta.
Saputri, Emia Duwi, 2016. Peran Dosen Dalam Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme Mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan IKIP PGRI Bojonegoro.Jurnal Media Prestasi
Sumarsono, S., dkk, 2001. ‘’pendidikan Kewarganegaraan, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama,
______2001. Pendidikan Kewarganegaraan, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
â€Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun1945.
Widiatmaka,Pipit, 2016. Pembangunan Karakter Nasionalisme Peserta Didik Disekolah Berbasisi Agama Islam “Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, Surakarta,
, 2016. Pembangunan Karakter Nasionalisme Peserta Didik Disekolah Berbasisi Agama Islam “ Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan Surakarta,
Zayulate, Mey Riska , dkk, Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Upacara Bendera Dalam Pembentukan Sikap Nasionalime.Jurnal Pembentukan Sikap Nasionalisme.
,Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Upacara Bendera Dalam Pembentukan Sikap Nasionalime.Jurnal Pembentukan Sikap Nasionalisme.
Dimyati, Mudjiono, 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta, Rineka Cipta.