PENERAPAN NILAI NASIONALISME TERHADAP RASA CINTA TANAH AIR (Studi di Desa Suka Pulung Kecamatan Sirapit Kabupaten Langkat)

Amelia Suciati, Muhlis Fahdiar Sembiring

Abstract


Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui penerapan nilai nasionalisme terhadap rasa cinta tanah air di Desa  Suka Pulung Kecamatan Serapit  Kabupaten  Langkat. Jenis penelitian ini adalah  penelitian kualitatif dengan menggunakan  analisis deskriptif. Subjek penelitian adalah masyarakat di Desa Suka Pulung Kecamatan Serapit Kabupaten Langkat dan yang menjadi objek  penelitian adalah nilai nasionalisme. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pemaknaan penanaman nilai-nilai nasionalisme dalam lingkup kehidupan sehari-hari di Desa Suka Pulung Kecamatan Sirapit Kabupaten Langkat meliputi pemaknaan tentang nilai nasionalisme yang dilihat dari dua sudut pandang yakni sudut pandang tokoh masyarakat dan sudut pandang perangkat desa. Pemaknaan penanaman nilai-nilai nasionalisme dalam lingkup kehidupan sehari-hari yang diwujudkan dalam beberapa bentuk kegiatan. Dalam memaknai penanaman nilai-nilai nasionalisme dalam lingkup kehidupan sehari-hari di Desa Suka Pulung Kecamatan Sirapit Kabupaten Langkat pada hakikatnya tergantung pada peran tokoh masyarakat, karena dalam kehidupan Desa Suka Pulung Kecamatan Sirapit Kabupaten Langkat Tokoh masyarakat merupakan sosok yang dianggap teladan.2) Faktor penentu dalam pemaknaaan penanaman nilai-nilai nasionalisme dalam lingkup kehidupan sehari-hari di Desa Suka Pulung Kecamatan Sirapit Kabupaten Langkat, meliputi: peran perankat desa sebagai motivator dan fasilitator, motivasi dari dalam diri waraga, interaksi dengan masyarakat sekitar Desa Suka Pulung Kecamatan Sirapit Kabupaten Langkat, serta sarana dan prasarana yang menunjang  untuk proses pemaknaan penanaman nilai-nilai nasionalisme dalam lingkup kehidupan sehari-hari di Desa Suka Pulung Kecamatan Sirapit Kabupaten Langkat. 3) Kendala yang dihadapi dalam pemaknaan penanaman nilai-nilai nasionalisme dalam lingkup kehidupan sehari-hari di Desa Suka Pulung Kecamatan Sirapit Kabupaten Langkat antara lain: peran tokoh masyarakat sebagai motivator dan fasilitator yang belum terlaksana dengan maksimal, kurangnya motivasi belajar dalam diri warga, kurangnya kerja sama antara pihak perangkat Desa Suka Pulung Kecamatan Sirapit Kabupaten Langkat dengan pihak lain (interaksi dengan masyarakat), serta keterbatasan sarana dan prasarana yang seharusnya menunjang dalam proses pemaknaan penanaman nilai-nilai nasionalisme dalam lingkup kehidupan sehari-hari di Desa Suka Pulung Kecamatan Sirapit Kabupaten Langkat.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyana, Rohmat. 2004. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta CV.

Sastroadmodjo, Soediono.1994. Nasionalisme dalam Perspektif Pancasila. Forum Penelitian. Th. DESA SUKA PULUNG KECAMATAN SIRAPIT KABUPATEN LANGKATVII. No 3 Halaman 7-12. Semarang: IKIP Semarang.

Soegito. 2003. Pendidikan Pancasila. Semarang: UPT MKU Unnes.

Susiatik, Titik. 2007. Kewarganegaraan Indonesia 1: Tinjauan Historis. Semarang : IKIP Veteran Semarang.

Syamsuddin dan Damaianti. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yudohusodo, Siswono dkk.1994. Nasionalisme Indonesia Dalam Era Globalisasi. Yogyakarta: Yayasan Widya Patria.

J. Moleong, 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.37755/jspk.v9i1.267

Refbacks



Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan 

STKIP Budidaya Binjai

http://www.ejournal.stkipbudidaya.ac.id

e-mail. stkipbudidayabinjai@gmail.com