UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTIONS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 BINJAI

Ryo Malau, Dedi Hermawan S

Abstract


Peran guru PKn sangat urgen dalam memilih model pembelajaran guna meningkatkan kualitas aktivitas belajar siswa, guna meningkatkan hasil belajar siswa terutama dalam bidang studi PKn di SMP Negeri 8 Binjai. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan menginovasi pola pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran seperti model pembelajaran Problem Based Instructions. Untuk itu perlu dilakukan penelitian dengan rumusan masalah Apakah melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Instructions dapat meningkatkan aktivitas  belajar PKn siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Binjai. Tujuannya adalah Untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar PKn melalui Problem Based Instructions siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Binjai.

PTK sebagai metode dalam penelitian ini adalah merupakan penelitian yang berbasiskan masalah di kelas karenanya peneliti menetapkan subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1SMP Negeri 8 Binjai yang berjumlah 30 orang., karena berdasarkan studi awal peneliti ke sekolah di dapat data bahwa nilai rata-rata di kelas tersebut masih rendah sehingga perlu ditingkatkan, disamping itu siswa juga dalam belajar kurang termotivasi karena proses pembelajaran yang dilakukan selama ini hanya menggunakan metode konvensional sehinggga kualitas pembelajaran masih rendah. Data yang diolah dalam penelitian ini di dapat dari hasil tes siswa dengan menggunakan soal pilihan ganda disamping hasil wawancara dengan siswa tentang metode yang digunakan dan observasi terhadap proses pembelajaran yang dilakukan.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kualitas pembelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Instructions. Hal ini ditunjukkan dari hasil test siswa yang pada awal pembelajaran diperoleh rata-rata 62,9 dengan tingkat ketuntasan kelasikal sebesar 20% kemudian meningkat pada pelaksanaan tindakan siklus I sebesar 68,4 dengan ketuntasan klasikal sebesar 40% dan pada akhirnya setelah dilakuka refleksi untuk melihat kelemahan pada siklus I dilanjutkan dengan melaksanakan tindakan siklus II dengan hasil yang diperoleh semakin meningkat yaitu sebesar 80,03 dengan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 93%.

Dari olahan data tersebut disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan kualitas pembelajaran PKn melalui model pembelajaran Problem Based Instructions pada siswa kelas VIII-3SMP Negeri 8 Binjai.


Full Text:

PDF

References


Abbas, dkk. (2007). “Model Pembelajaran PBI Problem Based Instruction”.

http://iendah09.wordpress.com/2010/01/17/model-pembelajaran-pbi-

problem-based-instruction. Diakses tanggal 23 Maret 2015.

Arends.“Model Pembelajaran PBI Problem Based Instruction”.

http://iendah09.wordpress.com/2010/01/17/model-pembelajaran-pbi-problem-based-instruction, 2007, Diakses tanggal 23 Maret 2015.

Arifin, Tajul, Metode Penelitian, Pustaka Setia, Bandung ; 2010.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT.

Rineka Cipta, 2002.

--------------------, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara. 2012

Bernadi, Sutari, Imam, Analisis Data Kualitatif, Jakarta : UI Press, 2007.

Hamalik, Oemar, Proses Belajar Mengajar, Jakarta, P.T., Bumi Aksara, 2007.

----------------------, Konsep Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. http :

//ekokhoerul.Wordpress.com/2012/06/27/konsep-aktivitas-belajar- siswa

-dalam-pembelajaran 2011,/, diakses tanggal 27 April 2015

Isjoni, Cooperative learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Alfabeta,

Bandung ; 2012

Moloeng, Lexy, J, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya, 2008

Mulyono, M, Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn, Surabaya, Uni

Press, 2007

Rusman, Konsep Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran.

http://ekokhoerul.wordpress.com/2012/06/27/konsep-aktivitas-belajar-siswa-dalam-pembelajaran, Diakses tanggal 27 April 2015.

Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam. Kalam Mulia, Jakarta, 2010.

Sardiman, AM, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta, PT Raja

Grafindo Persada, 2010

Sutopo, HB, Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta : Universitas Sebelas

Maret Press, 2009

Soejanto, Agus, Bimbingan ke Arah Belajar yang Sukses. Bandung, Aksara Baru.

S, Chauhan, Innovation in Teaching and Learning Process. New Delhi: Vikas

Publishing PVT. LTD ; 2010

Suparman, Atwi, Desain Intruksional. Jakarta: PAU untuk Peningkatan dan

Pengembangan Aktivitas Instruksional Dirjen Dikti. 2008




DOI: https://doi.org/10.37755/jspk.v9i1.269

Refbacks



Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan 

STKIP Budidaya Binjai

http://www.ejournal.stkipbudidaya.ac.id

e-mail. stkipbudidayabinjai@gmail.com