PEMILIHAN KETUA OSIS DALAM MEMBANGUN KESADARAN SISWA UNTUK MENGGUNAKAN HAK DEMOKRASI DI SMA NEGERI 7 BINJAI

Surya Wibawa -

Abstract


Pemilih pemula adalah mereka yang telah berusia 17-21 tahun, mayoritas pemilih pemula adalah pelajar (SMA), mahasiswa dan pekerja muda yang telah memiliki hak suara dan tercantum dalam daftar pemilih tetap (DPT). Pengertian ini menitik beratkan pada interaksi antar siswa dalam pelaksanaan pemilihan osis disekolah dalam mengajarkan partisipasi aktif untuk menggunakan hak demokrasinya. Identifikasi masalah dalam penelitian adalah rendahnya kesadaran siswa sebagai pemilih pemula, rendahnya pemahaman siswa dalam menggunakan hak demokrasi dan kurangnya partisipasi aktif pemilih pemula dalam pemilihan ketua osis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pemahaman siswa terhadap pemilihan ketua osis dalam membangun kesadaran untuk menggunakaan hak demokrasi di sma negeri 7 binjai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemilihan ketua osis dalam membangun kesadaran untuk  menggunakan hak demokrasinya sebagai pemilih pemula pada pilkada mendatang dalam konteks berdemokrasi dan penerapan sekolah sebagai laboratorium demokrasi.

Penelitian mengambil sampel siswa SMA Negeri 7 Binjai kelas X IPA-1. Responden adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran PKn, calon ketua osis, dan perwakilan siswa yang telah melaksanakan kegiatan pemilihan osis di SMA Negeri 7 Binjai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan metodologi observasi, wawancara langsung dan pengisian angket. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa siswa harus mempunyai tingkat kesadaran yang tinggi dalam berdemokrasi agar mereka dapat menggunakan hak demokrasinya sebagai awalan untuk menghadapi situasi dalam dunia politik, yakni pada saat pemilihan umum mendatang.


Full Text:

PDF

References


Budiardjo,Mirriam.,Edisi Revisi Dasar-Dasar IlmuPolitik.,Februari,Jakarta:PT Gramedia,2008.

Cangara,Hafied.,Komunikasi Politik,Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Harian.analisadaily.com/sumut/news/diakses tanggal 15 April 2016.

Id.wikipedia.org/wiki/Hak.diakases tanggal 29 September 2016

Jurnal PKn Progresif, Vol.1, No. 1, Juni.diakses tanggal 26 Juni 2016.,2006.

Jurnal UNIERA Volume 2 Nomor 2; ISSN 2086-0404.diakses tanggal 27 Juni 2016.

Marhijanto,Bambang,Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Masa Kini,Surabaya “Terbit Terang”,2002.

Nasriaika1125.wordpress.com.diakses tanggal 10 Agustus 2013.

Poerwaparminta W.J.S.,Pusat Pembinaan Dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia., Jakarta:PN Balai Pustaka,2000.

Syah,Muhibbin,Psikologi Pendidikan,Bandung: PT Remaja Rosdakarya.,Februari,2010.

Winarno.PendidikanKewarganegaraan,Jakarta:PT Bumi Aksara,2008. Www.lahiya.com/pengertian-demokrasi,diakses tanggal 12 Juli 2016




DOI: https://doi.org/10.37755/jspk.v9i1.270

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan 

STKIP Budidaya Binjai

http://www.ejournal.stkipbudidaya.ac.id

e-mail. stkipbudidayabinjai@gmail.com