PENGARUH BELAJAR KELOMPOK PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X DI SMKS-PP PUTRA JAYA STABAT KABUPATEN LANGKAT TAHUN PELAJARAN 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.37755/jspk.v9i2.314Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh belajar kelompok Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) terhadap minat belajar siswa kelas X di SMKS- PP PUTRA JAYA STABAT Kabupaten Langkat Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif survey. Alat pengumpul data pada penelitian ini adalah observasi dan angket. Dari hasil penelitian diperoleh 25,6% siswa menunjukan kategori persepsi positif dan 74,4% menunjukan kategori persepsi sangat positif. Dengan rata-rata 87 dengan kategori persepsi sangat positif. Minat belajar siswa setelah pelaksanaan belajar kelompok menunjukan persepsi sangat positif yang artinya dengan belajar kelompok minat belajar siswa semakin tinggi. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian menunjukan hipotesis yang diajukan terbukti kebenarannya yaitu tingginya minat belajar pendidikan kewarganegaraan (PKn) siswa setelah diterapkan belajar kelompok pada siswa kelas X SMKS-PP PUTRA JAYA STABAT tahun pelajaran 2020/2021.References
Hamalik, Oemar. Belajar dan Mengajar
Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.
Harsanto, Radno. Belajar dan Pembelajaran.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2001.
Hudojo, Herman. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta : Depdikbud. 2000.
Praktikno. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Intensitas Belajar Kelompok Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V SDN Se- Gugus Cahyana Kec. Rembang Purbalingga Tahun Pelajaran 2011/2012. Yogyakarta: UNY. 2012.
Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2010.
UU Sisdiknas No 20 Tahun 2003. BAB II Dasar, Fungsi dan Tujuan.
Wayan Nurkacana & Sunarta. 1999. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Downloads
Published
2021-01-15
Issue
Section
Articles