EFEKTIVITAS MAL PELAYANAN PUBLIK (MPP) SEBAGAI WADAH TERINTEGRASI DALAM KAITAN PEMENUHAN KEBUTUHAN PUBLIK DI KABUPATEN LANGKAT

Authors

  • Muhlis Fahdiar Sembiring STKIP Budidaya
  • Muslim Sembiring

DOI:

https://doi.org/10.37755/jspk.v10i1.379

Abstract

Tujuan dalam penelitian yaitu sebagai berikut untuk mengetahui pelayanan publik di Kabupaten Langkat dan untuk mengetahui kendala yang ditemui saat melaksanakan pemenuhan kebutuhan layanan publik di Kabupaten Langkat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif, dengan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di wilayah Kabupaten Langkat yakni Langkat Hulu dan Langkat Hilir. Subjek dalam penelitian ini adalah Penduduk Kabupaten Langkat. Adapun objek dalam penelitian ini adalah Kebutuhan masyarakat di wilayah Kabupaten Langkat terhadap pelayanan publik yang diberikan dalam kaitannya dengan Efektivitas Mal Pelayanan Publik (MPP) Sebagai Wadah Terintegrasi Dalam Kaitan Pemenuhan Kebutuhan Publik Di Kabupaten Langkat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan model analisis data menurut Miles dan Huberman. Hasil dalam penelitian ini tingkat efektifitas dan efesiensi menjadi indikator suksesi dalam pemenuhan kebutuhan pelayanan publik di Kabupaten Langkat. Dan Untuk mewujudkan sistem pelayanan administrasi yang memiliki karakter demikian, salah satu strategi yang perlu dikembangkan dalam MPP adalah melalui pembentukan Unit Pelayanan (UP) yang memiliki kewenangan khusus dalam pemberian perizinan.

Author Biography

Muhlis Fahdiar Sembiring, STKIP Budidaya

Administrasi Pendidikan

References

Alwisol. 2007.Psikologi Kepribadian. Malang. UMM Press. http://repository.uin-suska.ac.id/11964/3/BAB%20II.pdf.

Khalimah, Sos, Diponegoro. 2013. Implikasi Penerapan One Stop Service Pelayanan Investasi Di Kabupaten Kudus.

Khoirul, Muhammad Anwar. Implementasi Mal Pelayanan Publik/ MPP Mewujudkan Kota Ramah Pelayanan Publik/ KRPP. Prosiding Seminar Nasional.

Negara, M. P. A. 2003. Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor63/KEP/M.PAN/7/2003 entang PedomanUmum PenyelenggaraanPelayanan Publik.

Poltak, Lijan Sinambela. 2006. Reformasi Pelayanan Publik (Teori, Kebijakan, dan Implementasi). Jakarta. Bumi Aksara.

Prastowo, Andi. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta.Ar-Ruzz Media.

R. Ermalena and Suardita, I. K. 2009. Penerapan Asas Good Governance Dalam Pelayanan Publik Di Indonesia Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009. Bagian Hukum Pemerintahan Fakultas Hukum Universitas Udayana.

Santoso, Slamet. Teori-Teori Psikologi Sosial. Bandung. Refika Aditama.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung. CV Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Downloads

Published

2021-04-13