UPAYA MENINGKATKAN PATRIOTISME DENGAN METODE DISKUSI MATERI BELA NEGARA PELAJARAN PKN SISWA KELAS XI IPA SMA YPIS MAJU BINJAI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
DOI:
https://doi.org/10.37755/jspk.v1i1.55Abstract
PKn merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan diri peserta didik yang beragam dari segi agama, sosio kultural, bahasa, usia, dan suku bangsa. Pembelajaran PKn ini diharapkan akan mampu membentuk siswa yang ideal dan memiliki mental yang kuat, sehingga dapat mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: Untuk mengetahui besarnya peningkatan patriotisme dengan metode diskusi melalui materi bela negara pada pelajaran PKn siswa kelas XI IPA SMA YPIS Maju Binjai Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanya 2 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 3 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 34 siswa. Dari hasil penelitian diperoleh beberapa hal yaitu: pada siklus I aktivitas guru berkategori baik sedangkan pada siklus II aktivitas guru berkategori sangat baik. pada siklus I aktivitas siswa berkategori baik sedangkan pada siklus II aktivitas siswa berkategori sangat baik. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai rata-rata pada siklus I sebesar 69,9 dengan ketuntasan klasikal 44,20% sedangkan pada siklus II memperoleh nila rata-rata sebesar 81,5 dengan ketuntasan klasikal 100%. Hal ini menunjukan terjadi perubahan yang baik dari hasil tes siklus I ke tes siklus II.Kata Kunci : patriotisme, metode diskusi, bela negaraReferences
Dahar, Ratna Willis. 2010. Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Dirjen Pothankam. 2010. Pendidikan Kesadaran Bela Negara (Pedoman Bagi Dosen Pendidikan Kewarganegaraan). Jakarta: Direktorat Jenderal Pertahanan.
Djamarah, Saiful Bahri. 2009. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hudojo, Herman. 1998. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud P2LPTK.
Jurnal Pembangunan dan Pendidikan. 2014. Fondasi Dan Aplikasi. Volume 2, Nomor 2.
Nasution, S. 2004. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Ngalimun. 2014. Strategi Dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Soemantri, Satriyo Brodjonegoro, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sardiman, A.M. 2009. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Simanjuntak, Lisnawaty. 1997. Metode Pengajaran. Bandung: Alfabeta.
Sinamo, Nomensen. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Bumi Intitama Sejahtera.
Subagyo, dkk. 2009. Pendidikan Kewarganegaraan. Semarang: UPT. MKU. Universitas Negeri Semarang.
Sudjana, Nana. 2005. Metode Statiska. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: ALFABETA.
Suharjo. 2010. Belajar Dan Pembelajaran. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Suprapto, dkk. 2007. Pendidikan kewarganegaraan SMA/MA. Jakarta: Bumi Aksara.
Suwarno, Gowar. 2010. Panduan Penyelenggaraan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara Dilingkungan Pekerjaan. Jakarta: Dirjen Sumber Daya Manusia.
Syah, Muhibbin. 2009. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2010.
Tabrani, Rusyan. Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hisnu, Tantya P dan Winardi. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: PT Rizky Grafis.
Usman, M. Uzer. 2011. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.