UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA MATERI HAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA SISWA KELAS X SMA PERSIAPAN STABAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Authors

  • Fikri Syahrurozi STKIP Budidaya Binjai
  • Syainul Irwan STKIP Budidaya Binjai
  • Hadi Widodo STKIP Budidaya Binjai

DOI:

https://doi.org/10.37755/jspk.v1i1.57

Abstract

Kegiatan pembelajaran yang baik merupakan integrasi dari berbagai komponen yang saling terkait dan tak terpisahkan antara tujuan pembelajaran, bahan pelajarn, metode pembelajaran dan cara penilaian. Dalam suatu kegiatan pembelajaran untuk mengaktifkan siswa sangat dibutuhkan adanya metode pembelajaran tepat. Salah satu pelajaran yang diajarkan dalam pembelajaran di sekolah adalah pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Pembelajaran model pembelajaran jigsaw tipe Jigsaw memberi kesempatan pada siswa untuk bertukar pengetahuan dengan teman yang lebih banyak. Adanya kelompok ahli dan kelompok asal mengharuskan siswa berdiskusi dengan teman yang berbeda-beda, sehingga perbedaan pendapat dan keanekaragaman informasi lebih sering siswa temui. Hal tersebut akan memperkaya pengetahuan siswa. Dengan menerapkan model pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ini diharapkan dapat memberikan dampak yang positif dalam meningkatkan kemampuan dalam memahami materi PKn. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKn pada materi HAM melalui model pembelajaran jigsaw pada siswa Kelas X SMA Persiapan Stabat tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Persiapan Stabat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 82 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 40 siswa. Pada siklus I aktivitas guru berkategori baik sedangkan pada siklus II aktivitas guru berkategori sangat baik. Pada siklus I aktivitas siswa berkategori baik sedangkan pada siklus II aktivitas siswa berkategori sangat baik.. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai rata-rata pada siklus I sebesar 68,1 dengan ketuntasan klasikal 35% sedangkan pada siklus II memperoleh nila rata-rata sebesar 82,6 dengan ketuntasan klasikal 100%. Hal ini menunjukan terjadi perubahan yang baik dari hasil tes siklus I ke tes siklus II. Kata Kunci : hasil belajar PKn materi HAM, model pembelajaran jigsaw

References

Abdurrahman, Mulyono, 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar Jakarta: Rineka Cipta,

AM, Sardiman. 2009. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers,

Anni, Catharina Tri. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: IKIP Semarang Press,

Djamarah, Syaiful Bahri. 2009. Psikkologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Latipah, Eva. 2012. Pengantar psikologi pendidikan, Yogyakarta.pedagogia.

Lie, Anita. 2010. Cooperative Learning. Jakarta : Grasindo.

Lusita, Afrisanti. 2011. Buku Pintar Menjadi Guru Kreatif, Inspiratif, dan Inovatif Yogyakarta: Araska,

Makmun, Abin Syamsuddin, 2009. Psikologi Kependidikan Perangkat Sistem Pengajaran Modul, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Mardianto, 2012. Psikologi Pendidikan, Medan: Perdana Publishing,

Purwanto, M. Ngalim, 2002. Psikologi Pendidikan Bandung: Remaja Rosda Karya,

Pemerintah RI. 2012. UU Sisdiknas No 20 Tahun 2003. Bandung : Fukusindo Mandiri.

Pardjono. 2007. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY.

Rosyada, Dede. 2004. Buku Panduan Dosen Pendidikan Kewargaan (Civic Education) Demokrasi, Hak Asasi Manusia, dan Masyarakat Madani, Jakarta: Prenada Media,

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana,

Slavin, Robert E. 2011. Cooperative Learning. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sudjana, 2005. Metode Statistika, Bandung : Tarsito.

Suyitno, Amin. 2009. Dasar-Dasar dan Proses Pembelajaran Matematika. Semarang: Jurusan Pendidikan FMIPA UNNES.

Suryasubrata, Sumadi. 1995. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada,

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya Jakarta: Rineka Cipta,

Suherman. 2001. Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Matematika.Yogyakarta. :Penerbit Andi Offest

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif Jawa Timur: Masmedia Buana Pustaka.

Surakhman, Winarno. 2002. Pengantar Penelitian Ilmiah.Bandung :Tarsito.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Tim Penyusun Pusat Bahasa (Mendikbud). 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta: Balai Pustaka, Ed. 3, cet. 4.

Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Usman, Muhammad Uzer, 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wardhana, Yana. 2009. Teori Belajar dan Mengajar. Bandung: PT. Pribumi Mekar. 2010.Wiratmadja, Rochiati. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2018-11-26