ANALISIS KESULITAN BELAJAR PPKn PADA SISWA KELAS X SMA SWASTA SWAKARYA TANJUNG LANGKAT DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Arsip Perangin Angin STKIP Budidaya
  • Ismail Ismail
  • Muhazir Muhazir
  • Desi Rahayu

DOI:

https://doi.org/10.37755/jspk.v10i2.639

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar PPKn pada siswa kelas X SMA Swasta Swakarya Tanjung Langkat di masa pandemi Covid-19 tahun ajaran 2021/2022.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif.Instrument penelitian yang digunakan adalah pedomann observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar PKn yang dialami siswa yaitu perhatian mudah teralih saat mengikuti proses pembelajaran PPKn, sulit mengemukakan pendapat saat diskusi, tidak dapat memahami isi bacaan/ materi PPKn, cenderung ceroboh, lambat dalam mengikuti instruksi atau menyelesaikan tugas PPKn, kesulitan mencatat saat guru PPKn mendiktekan materi, kesulitan bekerjasama dengan teman, dan kehilangan beberapa huruf saat menulis/ membuat catatan. Kemudian faktor-faktor penyebab kesulitan belajar PKn di masa pandemi Covid-19 yaitu terkendala masalah ekonomi keluarga, akses jaringan sulit, kurangnya pemahaman siswa dalam menggunakan classroom dan tidak semua siswa memiliki HP.

Author Biography

Arsip Perangin Angin, STKIP Budidaya

Administrasi Pendidikan

References

Andini, Cahyaningtyas Diah, dkk. 2021. Analisis Makna Konotatif Dalam Novel Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini Karya Marchella FP, Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, Vol 18. (2)

Depari, Roni Pranata. Dkk. 2021.Peranan Guru PPKN sebagai Pendidik Berkarakter Dalam Membentuk Sikap Siswa yang Baik pada Sekolah SMP Negeri 10 Tapung Hulu Kabupaten Kampar, Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan.Vol 10, No. 1

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Harleni, Silvia dan Espresia, Eka.2021. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pokok Bahasan Bentuk Aljabar dalam Pembelajaran Daring di Era Covid-19 Siswa Kelas VIISMP Negeri 1 Sei Bingai.Jurnal Serunai Ilmu PendidikanVol.7 No.1

Liati.2016. “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran PKn di SDI Pagandongan I Makasarâ€. Tesis, Universitas Negeri Makassar.

Nurhidayah. 2018.Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Pkn Pada Siswa Kelas XI IPA di SMA Plus Bina Bangsa Pekanbaru.JOM.FKIP.Vol 5

(1).Hal. 1-15.

Nasution, Meylinda. Dkk. 2021.Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika dalam Bentuk Cerita pada Materi SPLDV Kelas X SMKS TIK Jabal Rahmah.Jurnal Serunai Ilmu PendidikanVol.7 No.1

Perangin-angin, Arsip.2020.Studi Implementasi Standar Penilaian Oleh Guru PPKn Berdasarkan Permendikbud No. 23 Tahun 2016 Di SMP Swasta S. Parman Medan. Jurnal Serunai PPKn Vol 9, No. 2.

Riduwan.2010. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sinaga, Apri Putriana. Dkk. 2021.Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pokok Bahasan Bangun Datar di Era Covid-19 Siswa Kelas VI SD Negeri 050656 Stabat.Jurnal Serunai MatematikaVol 13 No. 2

Saragih, Misrayati. 2020. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Kebebasan Berorganisasi Mata Pelajaran PKN Di Kelas V SD Dharma Wanita Pertiwi Medan Selayang T.A 2019/2020.Skripsi. Universitas Quality.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2019. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Widiasworo, Erwin. 2018. Mahir Penelitian Pendidikan Modern. Yogyakarta: Araska.

Downloads

Published

2023-01-02