PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS VIII MTS SABILAL AKHYAR KWALA BEGUMIT
DOI:
https://doi.org/10.37755/jspk.v10i2.642Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas VIII Mts Sabilal Akhyar Kwala Begumit tahun pelajaran 2020-2021. Jenis penelitan ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII Mts Sabilal Akhyar Kwala Begumit. Dengan teknik Random Sampling, diperoleh dua kelas sebagai sampel diperoleh yaitu kelas eksperimen (VIII-D) dan kelas kontrol (VIII-B). Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dengan bentuk pilihan berganda. Soal pilihan berganda yang diberikan kepada siswa berjumlah 15 soal setelah dilakukan perlakuan yang berbeda. Sehingga dapat diperoleh nilai rata2 postes kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitan menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen 85,40 dengan standar deviasi 19,36 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol 66,34 dengan standar deviasi 10,10. Hasil uji prasyarat data postes menyatakan sampel terdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji t. Dari hasil uji t dapat ditarik kesimpulan bahwasannya dalam penelitian ini ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran group investigation terhadap hasil belajar PPKn kelas VIII Mts Sabilal Akhyar Kwala Begumit.References
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain Aswan. 2015. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Heriyansyah. 2018. Guru Adalah Manajer Sesungguhnya Di Sekolah. Jurnal Managemen Pendidikan Islam: Islamic Management.
Khadijah. 2013. Belajar dan Pembelajara.. Bandung: Cita Pustaka Media.
Malau, Rio dan Dedi Hermawan S. 2020. Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Pkn Melalui Model Pembelajaran Problem Based Instructions Siswa Kelas Viii Smp Negeri 8 Binjai. Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan STKIP Budidaya Binjai.
Nawawi, Hadari. 1989. Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas Sebagai Lembaga Pendidikan. Jakarta: Haji Masagung.
Sanjaya, Wina. 2010. Perecanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Fitri, Hesti dan Senja, Nurul. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Tuntas (Mastery Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Ilmiah Lemlit unswagati Cirebon, 17, 1978-2560.