PENGARUH PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI SILA KETUHANAN YANG MAHA ESA TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS VII MTS AN-NANDIA TANJUNG PURA

Authors

  • Surya Wibawa STKIP Budidaya
  • Dedi Hermawan Syahputra
  • Ainur Radiah

DOI:

https://doi.org/10.37755/jspk.v10i2.643

Abstract

Penelitian ini didasari adanya permasalahan disiplin belajar siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Karakter Siswa Melalui Sila Ketuhanan Yang Maha Esa terhadap Disiplin Belajar Siswa Kelas VII Mts An-Nandia Tanjung Pura Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan pre-test dan post-test. Sampel pada penelitian ini berjumlah 44 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan Terdapat pengaruh positif antara Karakter Siswa Melalui Sila Ketuhanan Yang Maha Esa Dengan Disiplin Belajar Siswa Kelas VII Mts An-Nandia Tanjung Pura Tahun Pelajaran 2018/2019. Skor rata-rata setelah mengetahui pengaruh antara Pembentukan karakter siswa melalui sila ketuhanan yang maha Esa dengan disiplin belajar siswa kelas VII AN-Nandia Tanjung Pura lebih tinggi dari sebelum mengetahui pengaruh antara Pembentukan karakter siswa melalui sila ketuhanan yang maha Esa dengan di siplin belajar siswa kelas VII AN-Nandia Tanjung Pura. Hal ini di tunjukkan dari prolehan pada pre-test sebesar 50,45. Sedangkan nilai rata-rata pada post-test sebesar 80,90. Selanjutnya, dari perhitungan didapat rhitung =0,450 dan rtabel dengan taraf 5% adalah 0,279 dengan sampel 44 orang siswa.  Maka didapat rhitung> rtabel(0,450 > 0,279).

Author Biography

Surya Wibawa, STKIP Budidaya

Administrasi Pendidikan

References

Aunillah. 2013. Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah, Jogjakarta: Laksana.

Elly, Rosma. 2016. Hubungan Kedisiplinan terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri 10 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar Vol. 3 No. 4 Hal. 43-53.

Gunarsa. 2012. Psikologi untuk Membimbing.Jakarta: Libri

Johan, Ria Susanti. 2014. Peran Motivasi dan Disiplin dalam Menunjang Prestasi Belajar Peserta Didik pada Bidang Studi IPS. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 1 No. 3.

Pandji Anoraga.2001. Psikolog Kerja, Jakarta: Rineka Cipta.

Setijo, Pandji. 2010. Pendidikan Pancasila Perspektif Sejarah Perjuangan Bangsa. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Soejadi. 1999. Pancasila Sebagai Tertib Hukum Indonesia.Yogyakarta: Lukman Offset.

Supriyono (2014). Membangun karakter mahasiswa berbasis nilai-nilai pancasila sebagai resolusi konflik. Edutech, Tahun 13, Vol.1, No.3.

Downloads

Published

2023-01-02