PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS VIII MTs YPP. PROF. DR. H. MOH. HATTA

Authors

  • Rizaldi Syahputra Rangkuti STKIP Budidaya
  • Surya Wibawa
  • Ismail Ismail

DOI:

https://doi.org/10.37755/jspk.v11i1.746

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  berapa besar  pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar PKn siswa kelas VIII MTs YPP. Prof. Dr. H. Moh. Hatta tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes pilihan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar PKn siswa mengalami peningkatan setelah diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran mind mapping, yaitu yang semula berada pada nilai rata-rata 54,4 dengan kategori sangat kurang meningkat menjadi 77,16 dengan kategori cukup. Kemudian berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung ≥ ttabel yaitu 3,69 ≥ 1,67 sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar PKn siswa kelas VIII MTs YPP. Prof. Dr. H. Moh. Hatta tahun pelajaran 2021/2022.

Author Biography

Rizaldi Syahputra Rangkuti, STKIP Budidaya

Administrasi Pendidikan

References

Andi Hajar, A. (2020). “Penerapan Model Pembelajaran Learning Partner Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islamâ€. Jurnal Didaktika Vol. 9 (1).

Cahyani, R. (2019). “Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajarâ€. Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 1 (3).

Dewi, D. R. (2019. “Pengembangan Kurikulum Di Indonesia Dalam Menghadapi Tuntutan Abad Ke-21â€. Jurnal As-Salam Vol. 8 (1).

Hastjarjo1, T. D. (2019). “Rancangan Eksperimen Kuasiâ€. Jurnal Buletin Psikologi Vol. 27 (2).

Indy, R., dkk. (2019). “Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utaraâ€. Jurnal Unsrat Vol. 12 (4).

Nisa, Y.K. (2018). “Pengaruh Model Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas III SDâ€. Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Vol. 27 (2).

Retnasari, L. (2019). “Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Menumbuhkan Sikap Nasionalisme Warga Negara Mudaâ€. Jurnal Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN).

Shoimin, A. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Aruzz Media.

Sumardjoko, B. (2015). Model Pembelajaran PKn di SMP Berbasis Kearifan Lokal. Sukoharjo: Jasmine.

Yuliana, dkk. (2020). “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran PPKn Sebagai Upaya Membentuk Sikap Demokratis Peserta Didikâ€. Jurnal PPKn Vol. 8 (1).

Downloads

Published

2023-01-02