PENERAPAN NILAI TOLERANSI ANTAR SUKU DAN AGAMA TERHADAP SISWA KELAS XII TKJ SMK TUNAS BANGSA BINJAI (STUDI KASUS)
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana nilai toleransi ditanamkan kepada Siswa kelas XII TKJ untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Metode dalam pembahasan skripsi ini adalah metode kualitatif, yaitu dengan metode pengumpulan data: observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan lokasi penelitan di SMK Yayasan Pendidikan Tunas Bangsa Binjai, kecamatan Kwala Begumit. Subjek dari penelitian ini adalah Siswa-siswi kelas XII TKJ, yang terdiri dari beragam suku serta agama. Hasil dari penelitian ini adalah mengenai penanaman dan penerapan toleransi antar suku dan agama di SMK Yayasan Pendidikan Tunas Bangsa, yang mana dalam prosesnya toleransi ditanamkan melalui kegiatan belajar mengajar dalam kelas maupun kegiatan luar kelas sehingga siswa dapat memahami bahwa toleransi, sikap saling menghargai dan menghormati merupakan landasan penting dalam kehidupan bermasyarakat di Indoneia dan keberagaman yang ada bukan suatu halangan untuk menciptakan kehidupan sosial yang harmonis, toleran dan sesuai dengan Pancasila serta semboyan bangsa Indonesia, Bhineka Tunggal Ika untuk kemudian diterapkan atau diimplementasikan oleh siswa-siswi kelas XII TKJ dalam kehidupan sosial sehari-hari.
Full Text:
PDFReferences
Mahfud, Choirul. 2008. Pendidikan Multikultural. Yogyakarya: Pustaka Pelajar
Mahfud, Choirul. 2011. Pendidikan Multikultural. Yogyakarya: Pustaka Pelajar
Milles, Matthew B. dan A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press)
Moleong, Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bnadung: PT. Remaja Rosdakarya
Moleong, Lexy. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdyakarya
Mulyana, Deddy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdyakarya
Munawar, Said A. H. 2005. Fikih Hubungan Antar Agama. Jakarta: Ciputat Press
Naim, Ngainun dan Achmad Sauqi. 2008. Pendidikan Multikultural Konsep dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-ruzz Media
Rachman, Maman.1999. Strategi dan Langkah-langkah Penelitian.Semarang:
IKIP Semarang Press
Salim, Agus. 2006. Stratifikasi Etnik Kajian Mikro Sosiologi Interaksi Etnis Jawa dan Cina. Yogyakarta: Tiara Wacana
Tilaar, H.A.R. 2007. Mengindonesia Etnisitas dan Identitas Bangsa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta
Tilaar, H.A.R. 2004. Multikulturalisme: Tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional. Jakarta: Grasindo
UNESCO-APNEIVE. (2000). Belajar Untuk
Hidup Bersama dalam Damai dan Harmoni. Kantor Prinsipal Unesco untuk Kawasan Asia Pasifik, Bangkok & Universitas Pendidikan Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.37755/jspk.v11i2.763
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan
STKIP Budidaya Binjai
http://www.ejournal.stkipbudidaya.ac.id
e-mail. stkipbudidayabinjai@gmail.com