PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS PEMBELAJARAN PPKn

Authors

  • Sari Rahma Wati Universitas Negeri Medan
  • USMAN AL HUDAWI STKIP Budidaya Binjai

DOI:

https://doi.org/10.37755/jspk.v12i1.796

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara langsung tentang cara apa yang dilakukan oleh guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan kepada siswa dalam Peningkatan Kreativitas Siswa Kelas XI-PSPTV 2 Dalam Pembelajaran PPKn Melalui Profil Pelajar Pancasila di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Permasalahan yang ingin diteliti dalam penelitian ini adalah Siswa tidak sesuai mengambil Jurusan, siswa belum secara optimal menguasai keahlian di jurusan Teknik Produksi dan Penyiaran Program Pertelevisian (PSPTV), siswa SMK belum optimal untuk memahami tujuan dan sasaran yang akan dicapai, dan  kurangnya kreatif para pengajar sebagai pembimbing yang menyampaikan dan mentransfer bahan ajar berupa ilmu pengetahuan. Sehingga siswa menjadi rendahnya minat siswa dalam belajar kreatif.  Saat ini SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan cenderung dijadikan Sekolah terunggul dibanding sekolah lainnya. Sehingga ini menjadi perhatian penting bagi Kepala Sekolah, khususnya Guru dalam mendidik siswa untuk Peningkatan Kreativitas siswa dan dapat diimplementasikan secara maksimal agar Sekolah SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan ini tidak kalah saing dengan Sekolah yang lebih menarik dan kreatif. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling atau sampel tujuan dengan kriteria yang telah ditentukan dalam memilih informan. ABSTRACKThis study aims to find out directly about the ways in which Pancasila and civic education teachers teach students to increase the creativity of Class XI-PSPTV 2 students in learning civics through Pancasila Student Profiles at SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. The problems to be examined in this study are students not suitable for taking majors, students have not optimally mastered the expertise in the Television Program Production and Broadcasting Engineering (PSPTV) department, vocational students are not yet optimal in understanding the goals and objectives to be achieved, and the teacher's lack of creativity as a mentor who conveys and transfers teaching materials in the form of knowledge. So that students become low student interest in creative learning. Currently SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan tends to be the best school compared to other schools. So that this is an important concern for the Principal, especially the teacher in educating students to increase student creativity and can be implemented optimally so that the Percut Sei Tuan 1 State Vocational School is no less competitive with schools that are more interesting and creative. The method used in this research is a qualitative approach with a descriptive research type. Research data collection was carried out through in-depth interviews, observation, and documentation. The sample in the study was determined based on a purposive sampling technique or an objective sample with predetermined criteria in selecting informants.

Author Biography

USMAN AL HUDAWI, STKIP Budidaya Binjai

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

References

Buku:

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV Syakir Media Press.

Craft, A. (2003). The Limits To Creativity In Education: Dilemmas For The Educator. British Journal of Educational Studies, 51(2).

Depdiknas. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Hardani, Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., et al. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group.

Munandar, U. (2004). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Nugroho, R. (2008). Kebijakan Pendidikan Yang Unggul. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metode Penelitian Sosial. Srabaya: Media Sahabat Cendikia.

Purnamawati, & Yahya, M. (2019). Model Kemitraan SMK Dengan Dunia Usaha Dan Dunia Industri. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Purwanto, N. (2003). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Roikan, & Aminah , S. (2019). Pengantar Metode Penelitian Kualitatif Ilmu Politik. Jakarta: Kencana.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Yogyakarta: Deepublish.

Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran-Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriadi, D. (1994). Kreativitas Kebudayaan Dan Perkembangan IPTEK. Bandung: Alfabeta.

Talajan, G. (2012). Menumbuhkan Kreativitas & Prestasi Guru. Yogyakarta: LaksBang Pressindo.

Uno, H. B., & Lamatenggo, N. (2016). Tugas Guru dalam Pembelajaran Aspek yang mempengaruhi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

JURNAL

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV Syakir Media Press.

Craft, A. (2003). The Limits To Creativity In Education: Dilemmas For The Educator. British Journal of Educational Studies, 51(2).

Depdiknas. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Hardani, Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., et al. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group.

Munandar, U. (2004). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Nugroho, R. (2008). Kebijakan Pendidikan Yang Unggul. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metode Penelitian Sosial. Srabaya: Media Sahabat Cendikia.

Purnamawati, & Yahya, M. (2019). Model Kemitraan SMK Dengan Dunia Usaha Dan Dunia Industri. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Purwanto, N. (2003). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Roikan, & Aminah , S. (2019). Pengantar Metode Penelitian Kualitatif Ilmu Politik. Jakarta: Kencana.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Yogyakarta: Deepublish.

Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran-Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriadi, D. (1994). Kreativitas Kebudayaan Dan Perkembangan IPTEK. Bandung: Alfabeta.

Talajan, G. (2012). Menumbuhkan Kreativitas & Prestasi Guru. Yogyakarta: LaksBang Pressindo.

Uno, H. B., & Lamatenggo, N. (2016). Tugas Guru dalam Pembelajaran Aspek yang mempengaruhi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

JURNAL

Huda, M. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru dan Motivasi Belajar Siswa (Studi Korelasi pada Mata Pelajaran PAI. Jurnal Penelitian.

Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Terhadap Karakter Siswa Di Sekolah Implementation Of Pancasila Student Profile And Implications For Student Character At School. Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar, 138-151.

Maulidah, N., & Amelia, D. (2022). Kebiasaan Berpikir Kreatif Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Ditinjau Dari Indeks Prestasi Kumulatif. Jurnal Elementaria Edukasia.

Putri, M. I., & Yunisrul. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Menggunakan Model Cooperative Script Di Kelas V SDN 07 Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 1884-1896.

Soenarto, Amin, M. M., & Kumaidi. (2017). Evaluasi Implementasi Kebijakan Sekolah Menengah Kejuruan Program 4 Tahun Dalam Meningkatkan Employability Lulusan. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 215-227.

Downloads

Published

2023-05-20